Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Salah satu pedagang UMKM. Foto ilustrasi: ukmindonesia.id

Salah satu pedagang UMKM. Foto ilustrasi: ukmindonesia.id

Pemerintah Targetkan 10 Juta UMKM Masuk Ke Ranah Digital 2020

Selasa, 16 Juni 2020 | 08:44 WIB
Investor Daily

JAKARTA, investor.id - Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menargetkan 10 juta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) masuk ke ranah digital di akhir tahun 2020 ini.

Hingga saat ini baru 8 juta pelaku UMKM yang sudah melakukan penjualan melalui platform digital. Angka ini masih termasuk kecil sebab diperkirakan pelaku UMKM mencapai 60  juta.

“Sampai akhir tahun 2020 akan ada  tambahan 2 juta UMKM yang memanfaatkan teknologi informasi dalam berbagai bidang. Khususnya di sini untuk ke pemasaran. Tentu kami harus mengkoordinasikan ke banyak pihak untuk  bersama-sama melakukan digitalisasi UMKM,”  ucap ucap  Deputi Bidang Pengembangan SDM Kemenkop UKM Arif Rahman Hakim dalam acara Penandatanganan Kerjasama Pelatihan Digital Marketing antara Kementerian Koperasi dan UKM, Smesco Indonesia dan Lazada, Senin (15/6).

Pihaknya akan berkoordinasi dengan seluruh Kementerian/Lembaga (K/L) untuk mengidentifikasi Kementerian-kementerian mana yang mempunyai kegiatan pelatihan. Sehingga K/L tersebut juga bisa melakukan digitalisasi usaha mikro.

Dengan koordinasi Kemenkop UKM juga bisa memastikan digitalisasi UMKM berjalan di seluruh lapisan.

“Baik pemerintah pusat melalui lembaga BUMN maupun swasta dan pemerintah provinsi serta kabupaten/kota,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama LLP KUKM (SMESCO Indonesia) Leonard Theosabrata mengatakan bukan hal mudah untuk mendorong pelaku UMKM menjadi penjual digital yang handal. Sebab diperlukan adaptasi dan pengenalan untuk mampu berjualan secara digital. Di saat yang sama juga dibutuhkan platform yang tepat.

“Kami inginnya ini berkelanjutan tapi memang proses awalnya itu dimulai dari pengadopsian di latihan dulu. Sehingga dia (Pengusaha UMKM) bisa masuk ke ranah onboarding dan caranya mengolah boarding,” ucapnya. (ark)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN