Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa

Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Harus Berjalan Beriringan

Kamis, 11 Februari 2021 | 11:22 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menegaskan untuk mencapai sasaran pertumbuhan ekonomi dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2021 yang mengusung tema “ Mempercepat Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Sosial” Indonesia harus memastikan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi terus berjalan beriringan.

Penanganan Covid-19 perlu difokuskan pada upaya menurunkan tingkat penyebaran Covid-19 melalui kerja sama antara berbagai pihak yaitu masyarakat, pemerintah pusat dan pemerintah daerah, meningkatkan jumlah testing dan tracing di seluruh daerah sehingga menurunkan positivity rate dan menurunkan angka reproduksi virus serta melaksanakan vaksinasi sesuai sasaran yang ditetapkan.

“Pemulihan ekonomi perlu difokuskan untuk melakukan implementasi program pemulihan ekonomi secara tepat dan terukur, meningkatkan kepercayaan masyarakat dan investor sehingga dapat melakukan aktivitas ekonomi, melakukan reformasi sistem kesehatan, sistem perlindungan sosial dan sistem kebencanaan serta mengembalikan jam kerja pada sektor industri dan pariwisata dan mendorong industri padat karya,” ujar dia di Jakarta, belum lama ini.

World Economic Forum menyatakan swoosh shaped akan menjadi pola pemulihan ekonomi global, Indonesia diperkirakan akan mengikuti pola tersebut, apabila penanganan Covid-19 dilakukan dengan cerdas dan program pemulihan ekonomi nasional dilakukan konsisten di pusat dan daerah.

Penanganan Covid-19 menjadi kunci penting agar pemulihan ekonomi tidak stagnan, dari 270 juta penduduk Indonesia, perlu 188 juta penduduk untuk mencapai herd immunity penduduk di atas usia 18 tahun.

Herd immunity bisa dipercepat jika ketersediaan vaksin bertambah, aktivitas ekonomi pun dapat dimulai sebelum herd immunity tercapai.

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2020 yang terkontraksi sebesar -2,07% dengan pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2020 sebesar -2,19%, realisasi tersebut sangat mendekati proyeksi Bappenas yang menyebutkan pertumbuhan ekonomi 2020 berada di angka -2,0%.  

..

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN