Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sebuah pesawat bersiap mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Foto: SP/Ruht Semiono

Sebuah pesawat bersiap mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Foto: SP/Ruht Semiono

Penerbangan Berangsur Pulih di Bandara Soekarno-Hatta

Selasa, 21 Juli 2020 | 18:33 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mencatat pada Juli 2020 ini, rata-rata jumlah penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta sudah berkisar 400-430 penerbangan per hari. Angka tersebut meningkat cukup signifikan dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya sekitar 200 penerbangan per hari.

"Jumlah traffic ini memang masih jauh dari angka di periode normal sebelum pandemi Covid-19, namun dalam beberapa waktu terakhir tren lalu lintas penerbangan semakin menguat," kata Director of Operation & Service AP II Muhamad Wasid dalam keterangannya, Selasa (21/7).

Adapun utilisasi slot time juga semakin meningkat di mana pada 1 – 20 Juli 2020 sudah mencapai sekitar 34% dari sebelumnya hanya sekitar 10%.

Suasana lengang di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (25/4/2020). Foto: SP/Ruht Semiono
Suasana di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. .Foto ilustrasi: SP/Ruht Semiono

Muhamad Wasid mengatakan, meningkatnya lalu lintas penerbangan dan meningkatnya utilisasi slot time juga diikuti peningkatan utilisasi kapasitas penumpang di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta.

“Di tengah Covid-19 ini Bandara Soekarno-Hatta beroperasi dengan Terminal 2 dan Terminal 3. Pada bulan ini, lalu lintas penerbangan mulai berangsur pulih dan Terminal 2 melayani hingga 70% total penumpang di Soekarno-Hatta, sementara 30% dilayani melalui Terminal 3," imbuh Wasid.

Melihat kondisi ini, lanjut dia, pihaknya akan melakukan penyeimbangan agar Terminal 2 dan Terminal 3 masing-masing terminal bisa melayani 50% dari total penumpang di Soekarno-Hatta.

Lebih lanjut, Muhammad Wasid menuturkan penyeimbangan utilisasi kapasitas terminal itu dilakukan dengan memindahkan penerbangan Citilink dari Terminal 2D ke Terminal 3 dan sebagian penerbangan di Terminal 2E ke 2D mulai 23 Juli 2020.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan mulai 23 Juli 2020 seluruh penumpang Citilink akan memproses keberangkatan dan ketibaan di Terminal 3 Soekarno-Hatta.

“Koordinasi dan persiapan telah dilakukan oleh PT Angkasa Pura II dan Citilink agar perpindahan operasional ke Terminal 3 mulai 23 Juli 2020 berjalan lancar. Melalui kebijakan ini maka Soekarno-Hatta dapat beroperasi lebih baik dalam melayani penumpang pesawat,” jelas Agus Haryadi.

Dengan demikian, ujar Agus Harydi, nantinya di Terminal 3 akan dilayani penerbangan rute domestik dari Garuda Indonesia dan Citilink. Di Terminal 3 saat ini juga dilayani penerbangan rute internasional yang dioperasikan oleh maskapai nasional dan maskapai asing.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN