Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (tengah) mengunjungi sekaligus panen padi di Svarga Bumi Borobudur, lokasi agro wisata sawah Kabupaten Magelang, Sabtu (6/3/2021).

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (tengah) mengunjungi sekaligus panen padi di Svarga Bumi Borobudur, lokasi agro wisata sawah Kabupaten Magelang, Sabtu (6/3/2021).

Pengembangan Agrowisata Bisa Rangsang Ketertarikan Milenial pada Sektor Pertanian

Sabtu, 6 Maret 2021 | 14:46 WIB
Herman

JAKARTA, investor.id  - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan bahwa pertanian merupakan sektor penopang perekonomian nasional, sehingga berbagai terobosan seperti menggabungkan pertanian dengan sektor lain perlu dikembangkan, misalnya saja sektor pertanian yang digabungkan dengan pariwisata.

Meskipun dikembangkan di lahan yang tidak begitu luas, Mentan mengatakan agrowisata sawah ini bisa menjadi pilihan masyarakat untuk berwisata dan awal untuk membangun pusat perekonomian yang luas dari sektor pertanian.

"Ini tidak mengganggu komoditi yang kita tanam, bahkan ini akan menjadi bagian yang mengenergi, merangsang masyarakat untuk terus melakukan upaya yang ada agar pertanian sesempit apapun sebenarnya bisa kita lipatgandakan pendapatan masyarakat setempat," kata Mentan SYL dalam keterangan resminya saat mengunjungi sekaligus panen padi di Svarga Bumi Borobudur, lokasi agro wisata sawah Kabupaten Magelang, Sabtu (6/3/2021).

Saat meninjau Svarga Bumi Borobudur, Mentan SYL juga meminta kawasan agrowisata ini untuk diduplikasi di daerah lain. Menurutnya kawasan, agrowisata ini menjadi pilihan menarik bagi para anak muda untuk mempelajari dunia pertanian, sehingga berawal dari wisata ini akan semakin banyak kaum milenial atau masyarakat yang tertarik dengan sektor pertanian, bahkan menjadi kantong perekonomian baru yang mensejahterakan masyarakat.

"Saya tentu saja berharap apa yang ada di kawasan ini, kita bisa menduplikasinya di tempat lain yang lebih banyak, dan saya akan minta owner di sini untuk sama-sama merancang beberapa daerah yang lain," tegasnya.

Mentan menambahkan, pengembangan agrowisata untuk mengangkat perekonomian ini juga sesuai arahan Presiden Joko Widodo bahwa di tengah pandemi Covid-19 harus melakukan berbagai terobosan untuk perkuat perekonomian. Karenanya, Kemtan pun memperkuat kerjasama lintas kementerian sehingga kawasan agrowisata menjadi ikon baru di sektor pertanian dan pariwisata.

"Melihat kawasan ini tentu menjadi kolaborasi menarik antara pertanian dan pariwisata. Ke depan ini akan kita bicarakan lagi dengan Kementerian Pariwisata. Kita perluas ke daerah lain, terutama sentra pariwisata," kata Mentan.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN