Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi kereta cepat Jakarta-Bandung (Istimewa)

Ilustrasi kereta cepat Jakarta-Bandung (Istimewa)

Pengoperasian Ruas Tol Baru Tingkatkan Layanan Infrastruktur

Senin, 27 Juli 2020 | 12:21 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com) ,Tri Murti

JAKARTA, investor.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pengoperasian ruas tol baru sejalan dengan upaya pemerintah meningkatkan layanan infrastruktur jalan dan jembatan, baik jalan tol maupun jalan nasional, guna mendukung jalur logistik dalam rangka pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

Kecuali itu, Menteri PUPR memastikan proyek-proyek infrastruktur strategis lainnya tetap berjalan, termasuk proyek Kereta Api (KA) Cepat Jakarta-Bandung.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto: JOANITO/SP
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto: JOANITO/SP

Sebelumnya Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danang Parikesit memperkirakan ada empat ruas tol lagi yang bisa dioperasikan tahun ini, yakni Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan 5 sepanjang 33 km, Pekanbaru-Dumai 131 km, Manado- Bitung Seksi 1 Manado-Kauditan 21 km, dan Aceh-Sigli 79 km. Tol Pekanbaru-Dumai diperkirakan mengantongi Surat Keputusan (SK) Pengoperasian pada pekan kedua Agustus 2020.

Sedangkan Tol Manado- Bitung (Mabit) Seksi 1 Manado-Kauditan sepanjang 21 km dan Aceh-Sigli 79 km sudah memiliki SK Pengoperasian dan siap diresmikan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit. Foto: tsipil.ugm.ac.id
Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit. Foto: tsipil.ugm.ac.id

“Tapi soal peresmian (kapan), keputusan sepenuhnya ada di tangan Presiden dan Menteri PUPR,” tandas Danang kepada Investor Daily di Jakarta, Jumat (24/7).

Hal senada dikemukakan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi. Menhub juga memastikan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Tiongkok, untuk proyek KA Cepat Jakarta-Bandung terus berjalan.

Dalam pertemuan virtual Asean- China Transport Ministers Special Meeting di Jakarta, baru-baru ini, terungkap, Indonesia berencana memperluas proyek KA Cepat dari Bandung ke Surabaya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/2/2020). Rapat kerja tersebut membahas penjelasan mengenai SILPA (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran) Tahun Anggaran 2019. Foto: SP/Ruht Semiono
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: SP/Ruht Semiono

“Dalam situasi pandemi Covid-19, kerja sama dan kolaborasi antarnegara, termasuk kerja sama bilateral masing-masing negara anggota Asean dan Tiongkok terus berjalan, salah satunya adalah proyek KA Cepat Jakarta- Bandung,” tegas Menhub.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Maritim dan Investasi, Ridwan Djamaluddin baru-baru ini mengungkapkan, pengerjaan proyek KA Cepat Jakarta- Bandung dan Pelabuhan Patimban terus berjalan di masa pandemic Covid-19. Selain itu, hingga saat ini, belum ada perubahan target waktu penyelesaian kedua proyek tersebut.

“Proyek jalan terus secara umum. Meski ada pembebasan lahan yang masih dilakukan sedikit-sedikit, tapi ada titik terang,” kata dia.

Dia mengakui, selain pembebasan lahan, ada sejumlah kendala pengerjaan proyek selama masa pandemic Covid-19, seperti terhambatnya mobilitas SDM, alat, hingga material. Akan tetapi, hal itu bisa diatasi dengan beberapa penyesuaian.

12 ruas tol yang dilelang
12 ruas tol yang dilelang

Kepastian bahwa proyek KA Cepat Jakarta-Bandung terus berjalan juga ditegaskan Menteri BUMN, Erick Thohir. Erick memastikan pembangunan proyek strategis nasional (PSN) KA Cepat Jakarta-Bandung sesuai tenggat, yakni pada September 2022. “Deadline KA Cepat Jakarta-Bandung tetap September 2022,” tegas Erick Thohir kepada pers di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Menteri BUMN, mayoritas proyek PSN tetap dijalankan di tengah pandemi karena proyek PSN mampu menyerap banyak tenaga kerja dan menimbulkan efek pengganda (multiplier ef fect) yang besar terhadap perekonomian nasional.

Erick Thohir. Foto: IST
Erick Thohir. Foto: IST

Bahkan, kata Erick Thohir, Presiden Jokowi sudah memberi arahan agar proyek KA Cepat Jakarta-Bandung kelak dilanjutkan hingga tersambung ke Surabaya agar lebih feasible. Proyek KA Cepat Jakarta-Bandung memiliki lintasan sepanjang 142 km dan kapasitas lintas operasi 198 kereta per hari dengan kecepatan KA maksimal 300 km per jam.

Presiden Jokowi dalam berbagai kesempatan menegaskan, pemerintah berupaya all out mencegah ekonomi Indonesia masuk jurang resesi. Setelah diperkirakan minus 3,4% pada kuartal II-2020, ekonomi Indonesia tidak boleh lagi negatif pada kuartal III dan IV tahun ini. Salah satu upaya pemerintah agar perekonomian nasional tidak mengalami kontraksi tahun ini, menurut Presiden Jokowi, adalah menggenjot pembangunan proyek-proyek infrastruktur strategis.

Presiden telah memerintahkan Kementerian PUPR untuk mempercepat realisasi belanja infrastruktur 2020. Hingga 30 Juni 2020, penyerapan belanja infrastruktur Kementerian PUPR baru mencapai Rp 26,9 triliun atau 32,4% dari total pagu 2020 sebesar Rp 82,9 triliun.

Kementerian PUPR semula mendapatkan pagu anggaran tahun ini sebesar Rp 120,2 triliun. Namun, akibat Covid-19, sebesar Rp 37,3 triliun dialokasikan untuk penanganan pandemi corona, sehingga anggaran Kementerian PUPR tahun ini tinggal Rp 82,9 triliun. (az)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN