Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pengurus DPP Papeindo Periode 2018 - 2023

Pengurus DPP Papeindo Periode 2018 - 2023

DICANANGKAN PROGRAM SATU DESA SATU PRODUK

Pengurus DPP Papeindo Periode 2018 – 2023 Dikukuhkan

Kamis, 30 Juli 2020 | 22:47 WIB
Nasori

JAKARTA, investor.id - Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) resmi mengukuhkan Dewan Pengurus Pusat Perkumpulan Ahli Perdagangan Ekspor-Impor Indonesia (DPP Papeindo) periode 2018 – 2023 di Jakarta, Kamis (30/7). Kehadiran organisasi profesi ini diperlukan untuk meningkatkan kompetensi profesi ekspor-impor Indonesia serta peningkatan sumber daya manusia (SDM) Indonesia seluruhnya.

“Tema yang diangkat oleh panitia pengukuhan, ‘Meningkatkan Kompetensi Profesi Ekspor-Impor, Perdagangan, dan Ketahanan Ekonomi Indonesia’, sudah sejalan dengan program kebijakan yang dilakukan pemerintah saat ini,” ujar anggota Komisioner BNSP Henny S Widyaningsih saat mewakili Ketua BNSP dalam pengukuhan DPP Papeindo tersebut.

Oleh karena itu, menurut Henny, BNSP siap mendukung dan bekerja sama dengan DPP Papeindo dalam rangka meningkatkan kompetensi, khususnya kompetensi profesi ahli ekspor-impor di Indonesia.

Ketua Dewan Pembina DPP Papeindo Burhannuddin Abdullah menilai, pengukuhan Papeindo merupakan momentum yang tepat pada saat kondisi perekonomian dan perdagangan Indonesia memerlukan banyak dukungan dan pembenahan menyeluruh. “Hadirnya Papeindo merupakan penguatan SDM yang berkompeten di Indonesia bidang ekspor-impor,” kata Burhannuddin yang pernah menjabat sebagai menteri koordinator perekonomian dan gubernur Bank Indonesia.

Burhannuddin yang saat ini menjadi rektor Institut Koperasi Indonesia mengaku sangat senang dan mendukung terus program peningkatan kompetensi yang dilakukan oleh DPP Papeindo. “Selamat telah dikukuhkan, selamat untuk bekerja, semoga sukses,” ucap dia mengakhiri kata sambutannya melalui aplikasi Zoom.

Sementara itu, Amri Arifin Abbas, ketua umum DPP Papeindo yang baru saja dikukuhkan mencanangkan program One Village One Product (OVOP) atau Satu Desa Satu Produk yang akan dijalankan DPD di Seluruh Indonesia. Program in akan dikerjasamakan dengan pemda, dunia usaha, serta perguruan tinggi.

DPP Papeindo juga menargetkan seribu lulusan bersertifikasi kompetensi ekspor-impor sampai akhir 2020 dari kerja sama yang akan dijalankan dengan seluruh perguruan tinggi di Indonesia melalui program Kampus Merdeka. Sedangkan dengan dunia untuk usaha akan dilakukan kerja sama untuk melahirkan lulusan perguruan tinggi yang kompeten pada jenjang empat kompetensi pelaku ekspor-impor. “Begitu juga dengan perusahaan-perusahaan dibuka kesempatan untuk mengikutkan sertifikasi jenjang empat bagi karyawannya,”

Pengukuhan tersebut turut dihadiri secara virtual oleh Rektor Untirta Banten, Dekan FEB Universitas Sumatera Utara, Dekan FEB UNS Surakarta, Dekan FEB UGM, Dekan FEB Unpad, Dekan Universitas Bina Nusantara, dan perwakilan Forum Ketua Jurusan Bisnis Internasional Politeknik Negeri Seluruh Indonesia.

Selain itu juga turun hadir secara virtual perawakilan Kementerian Perekonomian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, KPPU, LKPP, serta Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan.

Berikut susunan lengkap DPP Papeindo periode 2018 – 2023:

 

1. Ketua Dewan Pembina: Dr. Ir. H. Burhanuddin Abdullah, MA

2. Anggota Dewan Pembina: Ayon Prasetyawan, M.Si

3. Anggota Dewan Pembina: Dwi Mukti Wibowo, SH, MH

 

1. Anggota Dewan Penasehat: Ir. Abdul Rasyid, MM

2. Anggota Dewan Penasehat: Ridwan Main

 

1. Ketua Umum: Ir. Amri Arifin Abbas

2. Ketua Bidang Sertifikasi Kompetensi: Antoni Tampubolon, SE

3. Sekretaris Jenderal: Firmansyah, S.Ip, M.Si

4. Ketua Bidang Organisasi dan keanggotaan: Arijanto, MM

5. Ketua Bidang Ekspor: Herry Murbalalana, MM

6. Ketua Bidang Impor: Irwan Santo Wijaya

7. Wakil Ketua Bidang Kerjasama keembagaan Antarorganisasi, Badan Usaha Dalam dan Luar Negeri: Aulia Rahman, SE

8. Wakil Ketua Bidang Kerjasama: Ir Edy Prayitno, M.Sc

9. Wakil Ketua Bidang Kerjasama: Dr.Ir. Mulyono Partosuwiryo

10. Wakil Ketua Bidang Manajemen Mutu Terpadu, Asuransi, dan Perbankan: Ruby Yudika, SE, MM

11. Bendahara Umum : Syamsul Arifin

12. Ketua Badan Litbang Kebijakan, Peraturan, Perdagangan Antarkementerian, Lembaga, Pemda, dan Implementasinya: Pader Henry Yohannes

13. Koordinator Humas/Infokom, Badan Promosi Perdagangan, Profesi Informasi, dan Komunikasi (Humas): H Buchori Badli.

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN