Menu
Sign in
@ Contact
Search
Sarman Simanjorang. Foto: Investor Daily/IST

Sarman Simanjorang. Foto: Investor Daily/IST

Pengusaha: Meski Ekonomi Tumbuh, Pemerintah Diminta Waspadai Tiga Risiko Ini

Senin, 15 Agustus 2022 | 08:53 WIB
Triyan Pangastuti (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Wakil Ketua Umum bidang Pengembangan dan Otonomi Daerah Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sarman Simanjorang meminta pemerintah untuk tidak lengah dan terlena dengan hasil capaian pertumbuhan ekonomi. Lantaran masih ada beberapa risiko yang mempengaruhi ekonomi domestik hingga akhir tahun.

"Kita tidak boleh lengah, karena masih ada dua tantangan kita yang harus pemerintah waspadai" ucapnya kepada Investor Daily, di Jakarta, Senin (15/8).

Baca juga: Risiko Perekonomian Global Bergeser dari Pandemi ke Konflik Geopolitik

Risiko tantangan yang pertama adalah belum pulih optimal dari pandemi Covid-19, karena ancaman pandemi masih membayangi ekonomi dalam negeri serta global karena trennya masih fluktuatif.

Kedua, dikala ekonomi global memasuki fase pemulihan ekonomi akibat pandemi, tantangna lain pun hadir dari ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina. Ketiga memanasnya hubungan Tiongkok-Taiwan yang akan menjadi ancaman dan ini perlu diwaspadai. "Perang Rusia-Ukraina sangat-sangat mempengaruhi kondisi eko seluruh dunia"ucapnya.

Selain dampak pemulihan ekonomi terganggu, dia mengatakan, tiga tantangan ini akan menyebabkan lonjakan inflasi dalam negeri, karena suplai yang tidak dapat mengimbangi permintaan, serta kenaikan harga komoditas pangan dan energi akibat perang.

Baca juga:Pertumbuhan Ekonomi Lampaui Rata-Rata Global, Pengamat Apresiasi Kinerja Pemerintah

Bahkan, kenaikan inflasi sudah terjadi diberbagai negra diantaranya Amerika Serikat, Eropa, Inggris. "Kami harapkan pemerintah tetap fokus bgaiamana agar harga pokok pangan dijaga sisi harga dan ketersediannya. Sehingga manajemen atau neraca stok pangan harua dijaga agar demand dan suplai seimbang agar tidak terjadi gejolak harga yang nantinya bisa mendorong inflasi," tegasnya.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com