Menu
Sign in
@ Contact
Search

Peningkatan Penjualan Eceran Diperkirakan Berlanjut

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:27 WIB
Nasori (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Survei Penjualan Eceran (SPE) yang digelar Bank Indonesia (BI) menunjukkan, kinerja penjualan eceran pada Juli 2022 bakal melanjutkan peningkatan. Ini tercermin dari perkiraan Indeks Penjualan Riil (IPR) pada periode survei yang sebesar 204,9 atau meningkat 8,7% secara year on year (yoy).

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menjelaskan, peningkatan itu terutama didukung oleh kenaikan penjualan subkelompok sandang, kelompok bahan bakar kendaraan bermotor, serta suku cadang dan aksesori.

“Secara bulanan, penjualan eceran diperkirakan membaik menjadi -0,8% (mtm), didorong oleh peningkatan penjualan kelompok bahan bakar kendaraan bermotor serta kelompok barang budaya dan rekreasi,” ujar Erwin dalam keterangan tertulis, Selasa (9/9/2022).

Survei Penjualan Eceran merupakan survei yang dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi dini mengenai arah pergerakan produk domestik bruto (PDB) dari sisi konsumsi. Survei dilakukan terhadap 700 pengecer sebagai responden dengan metode purposive sampling di 10 kota. Kesepuluhnya adalah Jakarta, Semarang, Bandung, Surabaya, Medan, Purwakarta, Makassar, Manado, Banjarmasin, dan Denpasar.

Pada periode Juni 2022, lanjut dia, hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) mengindikasikan kinerja penjualan eceran tumbuh meningkat secara tahunan. Indeks Penjualan Riil (IPR) Juni 2022 tercatat sebesar 206,6, atau tumbuh 4,1% (yoy), meningkat dari pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 2,9% (yoy).

Peningkatan tersebut, jelas Erwin, didorong oleh kenaikan penjualan di antaranya pada kelompok suku cadang dan aksesori, serta makanan, minuman, dan tembakau. Secara bulanan, penjualan eceran turun -11,8% (mtm) pada Juni 2022, terutama pada kelompok barang budaya dan rekreasi, peralatan informasi dan komunikasi, serta makanan, minuman dan tembakau.

Dari sisi harga, menurut Erwin, responden memperkirakan tekanan inflasi pada September dan Desember 2022 (tiga dan enam bulan yang akan datang) meningkat. Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) September dan Desember masing-masing tercatat sebesar 137,5 dan 138,5, atau meningkat dibandingkan 127,5 dan 132,1 pada bulan sebelumnya.

“Responden juga memperkirakan peningkatan penjualan pada September dan Desember 2022 yaitu tiga dan enam bulan yang akan datang,” pungkas Erwin.

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com