Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pengunjung memperhatikan beragam merk TV di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, belum lama ini. Foto ilustrasi: Investor Daily/DAVID GITA ROZA

Pengunjung memperhatikan beragam merk TV di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, belum lama ini. Foto ilustrasi: Investor Daily/DAVID GITA ROZA

Penjualan Elektronik Kuartal IV bakal Meningkat

Senin, 22 November 2021 | 10:07 WIB
Leonard Cahyoputra (leonard.cahyoputra@beritasatumedia.com) ,Nasori ,Edo Rusyanto (edo_rusyanto@investor.co.id) ,Tri Listiyarini

JAKARTA, investor.id – Penjualan barang elektronik pada kuartal IV-2021 akan meningkat dibanding kuartal III-2021. Hal itu seiring naiknya permintaan sebagai dampak pelonggaran PPKM. Namun demikian, kenaikan tidak terlalu besar karena industri elektronik di Tanah Air saat ini masih terkendala kelangkaan pasokan komponen dan kontainer.

Sementara itu, sepanjang tahun ini diharapkan penjualan barang elektonik bisa meningkat 10% dari tahun lalu.

Ketua Umum Gabungan Perusahaan Industri Elektronik dan Alat-alat Listrik Rumah Tangga (Gabel) Oki Widjaja menyatakan, keadaan industri elektronika saat ini terkendala oleh kelangkaan pasokan komponen dan kelangkaan kontainer. Artinya, meskipun pabrik sudah dapat beroperasi dengan kapasitas penuh dan demand pasar juga sudah meningkat, industri tidak dapat memenuhi karena kelangkaan supply chain tersebut.

Meski demikian, Gabel meyakini secara umum kinerja penjualan tahun ini lebih baik dari 2020.

“Secara umum, lebih baik. Rerata kenaikan penjualan pada 2021 dibanding 2020 paling banyak 10% secara total industri elektronika,” ungkap Oki.

Penjualan Elektronik
Penjualan Elektronik. Foto: DAVID

Oki menjelaskan, kendala kelangkaan pasokan komponen dan container kemungkinan masih berlanjut pada tahun depan. Sementara ini, dari informasi beberapa produsen semikonduktor, kelangkaan tersebut akan berlanjut sampai ahir tahun 2022.

Oki mengungkapkan, industri elektronik berharap dukungan pemerintah untuk membantu mengatasi situasi terkini, khususnya kendala kelangkaan pasokan komponen dan kontainer. Pertama, industri mengharapkan pemerintah dapat memitigasi euphoria serikat buruh untuk meningkatkan upah buruh (UMP/UMR). Buruh dan masyarakat harus menyadari bahwa industi masih belum pulih dari dampak pandemi Covid-19.

Kedua, pemerintah secara kontinu harus menggunakan kekuatan Government to Government (G to G) dengan negara-negara penghasil semikonduktor guna memberikan alokasi yang secukupnya demi mendukung keberlangsungan pasokan komponen industri elektronika di Indonesia. Ketiga, pemerintah perlu mengupayakan kecukupan kontainer. (epa/ac/hg)

Baca lengkap di epaper Investor Daily https://subscribe.investor.id/

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN