Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Petugas memeriksa kesehatan, kelengkapan surat dan alasan berpergian calon penumpang sebagai bagian dari prosedur yang harus dipenuhi penumpang pesawat yang akan terbang di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten,  . Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Petugas memeriksa kesehatan, kelengkapan surat dan alasan berpergian calon penumpang sebagai bagian dari prosedur yang harus dipenuhi penumpang pesawat yang akan terbang di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, . Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

LIBUR IDUL ADHA

Penumpang KA dan Pesawat Naik

Sabtu, 1 Agustus 2020 | 08:06 WIB
Tri Murti ,Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Jumlah penumpang kereta api (KA) jarak jauh dan penerbangan meningkat pada libur Hari Raya Idul Adha 1441 H. Hal itu terlihat dari jumlah penumpang di Stasiun Gambir dan Pasar Senen (Jakarta), Bandara Internasional Minangkabau, dan Bandara Internasional Yogyakarta.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, total penumpang KA jarak jauh pada 11 kereta api yang dioperasikan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen ke berbagai jurusan pada Kamis (30/7) mencapai 3.958 orang atau mengisi sekitar 90% dari ketersediaan tempat duduk sebanyak 4.385.

“Jumlah ketersediaan tempat duduk tersebut merupakan kuota yang telah dibatasi 70% dari total kapasitas normal. Pembatasan dilakukan untuk penjagaan jarak di dalam rangkaian kereta,” kata Eva dalam pernyataan resminya di Jakarta, Jumat (31/7).

Sedangkan pada Jumat (31/7), di area Daop 1 Jakarta terdapat tujuh KA yang dioperasikan. Tercatat sekitar 2.600 tempat duduk telah dipesan melalui jalur pemesanan online dari ketersediaan tempat duduk sebanyak 3.155.

Sementara itu, dua hari menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H juga terjadi peningkatan jumlah penumpang yang datang di Bandara Internasional Minangkabau/ BIM di Padang Pariaman, Sumatera Barat.

“Pada Kamis (30/7) jumlah penumpang yang tiba sebanyak 1.939 orang menggunakan 14 penerbangan, sehari sebelumnya mencapai 1.730 orang dengan 12 penerbangan,” kata Humas PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau Fendrick Sondra di Padang Pariaman, Jumat.

Menurut dia, pada hari sebelumnya angka kedatangan hanya sekitar 1.000 orang, namun dua hari menjelang Idul Adha meningkat menjadi 1.730 penumpang.

“Untuk keberangkatan masih stabil di angka 1.000 penumpang dibanding hari sebelumnya, “ ujarnya.

Angkasa Pura I. Foto: ap1.co.id
Angkasa Pura I. Foto: ap1.co.id

Lebih jauh, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, mencatat pertumbuhan penumpang menjelang Hari Raya Idul Adha 2020 mencapai 31% dibandingkan rata-rata penumpang harian.

Pjs General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Yogyakarta Bambang Triyono mengatakan, sejak 29 Juli lalu, terdapat tren pertumbuhan trafik penumpang. “Tercatat pada 29 Juli kemarin, sebanyak 3.649 penumpang melalui Bandara Internasional Yogyakarta dengan 2.247 penumpang yang tiba dan 1.402 penumpang berangkat melalui Bandara Internasional Yogyakarta. Jumlah penumpang tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 31% apabila dibandingkan dengan rata-rata trafik penumpang per harinya yaitu 2.785 penumpang,” kata Bambang.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat mengimbau mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih untuk tidak menuju ke Jakarta dengan menggunakan jalan tol pada Minggu (2/8).

“Untuk menghindari kemacetan dan mengantisipasi lonjakan kendaraan pribadi yang akan melakukan perjalanan balik ke Jakarta, maka pada hari Minggu (2/8) nanti mobil barang dengan sumbu tiga ke atas diimbau untuk tidak melakukan perjalanan ke Jakarta melalui jalan tol. Karena saat ini berdasarkan laporan yang saya dapatkan cenderung ada kenaikan volume lalu lintas di jalan tol pada periode libur Idul Adha,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dalam keterangannya, Jumat (31/7).

Menurut Budi, imbauan tersebut untuk mengutamakan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan serta mengoptimalkan penggunaan dan pergerakan lalu lintas pada beberapa ruas jalan tol dan jalan nasional pada masa libur Idul Adha.

(ant)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN