Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pelabuhan Merak, Banten. Foto ilustrasi: SP/Ruht Semiono

Pelabuhan Merak, Banten. Foto ilustrasi: SP/Ruht Semiono

Penumpang Pelabuhan Tarakan Tinggal 10%

Selasa, 7 April 2020 | 13:13 WIB

TARAKAN - Sejak wabah Virus Korona (Covid-19) kian meluas dalam beberapa pekan terakhir, kini penumpang yang melalui Pelabuhan Tengkayu Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara) hanya sekitar 10% dari hari biasa antara 1.500 sampai 2.000 orang.

"Saat ini jumlah penumpang hanya berkisar antara 150-400 orang per hari," Kepala Bidang Perhubungan Laut dan ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan) Dinas Perhubungan Kaltara Datu Iman Suramanggala di Tarakan, Selasa (7/4).

Hal itu disampaikan saat mewakili Kepala Dinas Perhubungan Kaltara kepada Wakil Wali Kota Tarakan Effendhi Djuprianto didampingi enam orang anggota DPRD setempat saat meninjau langsung kondisi penumpang di pelabuhan, kemarin.

Mengenai ada aspirasi warga dan surat Wali Kota Tarakan ke Menhub mengenai pembatasan penumpang di pelabuhan, dia menjelaskan hal itu bisa dilakukan atas izin Kemenhub.

"Kami tidak punya kewenangan menutup pelabuhan. Hanya diperkenankan adalah pembatasan penumpang yang beraktifitas dan untuk logistik tetap dibuka," jelas dia.

"Intinya tugas kami hanya pembatasan dan pengendalian, sedangkan kewenangan menutup adalah Menhub," ujarnya.

Usaha-usaha yang dilakukan oleh Pelabuhan Tengkayu adalah sterilisasi speed boat reguler dan semua ruangan pelabuhan setiap hari.

"Setiap penumpang didata nama alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi, agar memudahkan petugas dalam pendataan dan penelusuran penumpang," kata dia.

Dalam hal pengendalian Covid-19 setiap penumpang diperiksa suhu tubuhnya, dan arahan dari Bapak Gubernur Kaltara agar dishub mengadakan alat tes (rapid test) yang akan digunakan untuk memeriksa penumpang perahu cepat.

Ia juga menyatakan terima kasih kepada Gabungan Pengusaha Transportasi Sungai dan ASDP yang banyak mendukung dalam upaya memerangi Covid-19. Total kasus positif Covid-19 di Kaltara 16 orang yang tersebar di Tarakan ada sembilan orang, Nunukan ada empat orang, dan Tanjung Selor ada tiga orang.

 

 

Sumber : ANTARA

BAGIKAN