Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Suasana lengang di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Foto ilustrasi: SP/Ruht Semiono

Suasana lengang di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Foto ilustrasi: SP/Ruht Semiono

Penumpang Pesawat Dikenakan Syarat Baru Selama PPKM

Sabtu, 9 Januari 2021 | 16:04 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menginformasikan bahwa pada 9 - 25 Januari 2021 diberlakukan ketentuan baru terkait tes Covid-19 sebagai syarat perjalanan bagi penumpang pesawat rute domestik. Hal itu sesuai Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 1/2021 dan SE Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nomor 3/2021.

Selain itu, ketentuan baru juga sejalan dengan ketetapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk sebagian besar wilayah di Jawa dan Bali pada 11 - 25 Januari 2021.

VP of Corporate Communication AP II Yado Yarismano mengatakan, berdasarkan dua SE tersebut, calon penumpang pesawat tujuan Bali wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan atau hasil nonreaktif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam

"Sementara itu, bagi calon penumpang pesawat dari dan ke Jawa serta di dalam Jawa wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam atau hasil nonreaktif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan," terang dia dalam keterangan resmi, Sabtu (9/1/2021).

Adapun anak-anak di bawah usia 12 tahun tidak diwajibkan untuk tes RT-PCR maupun rapid tes antigen sebagai syarat perjalanan. Penerbangan angkutan perintis dan di daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) juga tidak diwajibkan dari ketentuan ini.

Di sisi lain, calon penumpang pesawat agar juga memperhatikan ketentuan di daerah tujuan lain seperti Kalimantan Barat yang mewajibkan adanya RT-PCR bagi penumpang pesawat dengan tujuan ke provinsi tersebut.

Yado Yarismano mengatakan, seluruh bandara AP II telah mengoperasikan Airport Health Center bagi calon penumpang pesawat untuk dapat melakukan tes Covid-19.

“Khusus di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia dan bandara jangkar penerbangan domestik di tengah pandemi ini, kami membuka delapan titik layanan Airport Health Center dengan 3 alternatif layanan, yaitu pre-order service, Walk in service dan Drive thru service untuk mempermudah calon penumpang pesawat melakukan tes Covid-19,” ujar Yado Yarismano.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN