Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi sampah plastik

Ilustrasi sampah plastik

Peran Anak Muda Dibutuhkan untuk Perubahan Iklim

Minggu, 30 Agustus 2020 | 16:40 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Ruandha Agung Sugardiman mengatakan, kaum muda merupakan basic atau dasar dari lingkungan hidup Indonesia yang lestari, kaum muda bisa mencegah perubahan iklim dengan tindakan yang positif. tindakan positif yang dapat dilakukan adalah membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi pemakaian plastik dan tidak mengotori lautan.

Ketika dunia menghadapi perubahan iklim maka akan berdampak pada krisis pangan, air dan energi dan di sinilah peran kaum muda untuk memberikan solusi.

“Kaum muda atau generasi milenial tidak bisa dilepaskan dari kesehatan lingkungan tanpa aksi dari mereka lingkungan lestari tidak akan terwujud,” ujar dia saat membuka Indonesia Youth Climate Summit 2020, di Jakarta, belum lama ini.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggambarkan bencana di tanah air terus meningkat dari 2.372 bencana pada 2017 naik menjadi 3.814 bencana pada 2019, sebagian besar bencana disebabkan oleh hidrometeorologi.

Pemuda juga mempunyai peran dalam usaha Indonesia untuk memenuhi komitmen implementasi Persetujuan Paris, Indonesia mempunyai target akan menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29% dalam skema Business As Usual pada 2030 dan sebesar 41% pada kerjasama internasional.

Semua target yang ditetapkan tersebut akan tercapai jika semuanya berkolaborasi baik pemerintah, dunia swasta, pelaku usaha, dan tentunya anak muda.

Anak muda biasanya mempunyai ide kreatif yang bermanfaat dan dibutuhkan para pemangku kepentingan.

Ide-ide yang dihasilkan biasanya out of the box dan bisa dijadikan solusi jangka panjang, di setiap negara maju, peran anak muda selalu dibutuhkan begitu juga untuk perubahan iklim.

Menjaga lingkungan merupakan sebuah tanggung jawab bersama dan tidak hanya menjadi tanggung jawab KLHK.

KLHK justu menunggu terobosan baru dari anak muda untuk kemajuan dan perubahan iklim Indonesia yang lebih baik.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN