Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Apel siaga Direktorat jenderal PSDKP -Kami Siap sebagai benteng KKP untuk pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan di WPP -NRI. Foto: dok. KKP

Apel siaga Direktorat jenderal PSDKP -Kami Siap sebagai benteng KKP untuk pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan di WPP -NRI. Foto: dok. KKP

Perkuat Pengawasan, KKP Tambah Dua Armada Kapal Pengawas Perikanan

Selasa, 9 Maret 2021 | 13:56 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus meningkatkan upaya dalam menjaga kedaulatan Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI), yang terbaru, KKP menambah dua armada kapal pengawas perikanan bertipe kapal cepat yang bisa memperkuat pengawasan di WPPNRI 571-Selat Malaka dan WPPNRI-Laut Natuna Utara.

Penambahan armada kapal pengawas perikanan tersebut merupakan kebijakan Menteri Sakti Wahyu Trenggono dalam penguatan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan serta pemberantasan illegal fishing.

Menteri Trenggono menjelaskan bahwa penambahan kapal patroli pengawasan yang memadai merupakan salah satu strategi penting untuk menjaga kelestarian sumber daya kelautan dan perikanan serta memberantas pencurian ikan di laut Indonesia.
Pihaknya menjanjikan akan terus menambah armada pengawasan yang lebih besar dan canggih.

”Saya berkeinginan membangun kapal pengawas perikanan sekelas kapal fregat secara bertahap,” ujar dia di Jakarta, Selasa (9/3).

Ia mengingatkan agar perubahan regulasi termasuk Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Kelautan dan Perikanan menjadi pedoman dalam pelaksanaan pengawasan di lapangan.

Dengan adanya penambahan ini, KKP mempunyai 30 unit kapal pengawas perikanan yang menjadi garda terdepan dalam pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan serta pemberantasan illegal fishing.

Selain lebih cepat dan stabil, KP Hiu 16 dan KP Hiu 17 dibangun dengan teknologi kapal mutakhir, pembuatan keduanya melibatkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan dibangun oleh PT Palindo Marine Batam sebagai pemenang tender pengadaan kapal pengawas KKP.

Kapal pengawas perikanan yang baru ini termasuk kapal kelas C dengan panjang 30 meter, KP Hiu 16 dan KP Hiu 17 merupakan kapal series design pertama yang dimiliki KKP.
Direktur Pemantauan dan Operasi Armada KKP, Pung Nugroho Saksono mengatakan bahwa kedua kapal tersebut dibangun dari bahan material pelat kapal dipilih dari bahan alumunium alloy yang kuat dan ringan.Kelebihan utama pada kapal ini terletak pada kecepatan lajunya yang mencapai 29 knot.   

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN