Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Rendering fasilitas corn wet mill dan starch dryer di pabrik pemanis Cargill di Pandaan, Indonesia  Foto: Cargill

Rendering fasilitas corn wet mill dan starch dryer di pabrik pemanis Cargill di Pandaan, Indonesia Foto: Cargill

Perluas Pabrik, Cargill Investasi US$ 100 Juta

Jumat, 27 November 2020 | 10:56 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

Jakarta, investor.id-Cargill berinvestasi senilai US$ 100 juta di pabrik pemanisnya, PT Sorini Agro Asia Corporindo, yang berlokasi di Pandaan, Jawa Timur (Jatim). Investasi tersebut untuk membangun pabrik corn wet mill (CWT) dan menambahkan strach dryer untuk memenuhi permintaan pelanggan yang semakin meningkat terhadap pati, pemanis, dan bahan pakan ternak. Fasilitas tersebut siap beroperasi awal 2022.

Managing Director Cargill Straches, Sweeteners, and Texturizers (CSST) Asia Franck Monmont mengatakan, pabrik CWT baru ini akan memungkinkan pelanggan membeli jagung dan mengubahnya menjadi pati dan pemanis. Dengan pengembangan portofolio produk dan kapasitas produksi yang jauh lebih besar, Cargill berada pada posisi yang tepat dan investasi ini menunjukkan komitmen perusahaan untuk memberikan dukungan signifikan bagi perekonomian lokal dengan menyediakan akses bagi petani untuk memperoleh sumber pendapatannya.

Fasilitas pabrik Cargill di Pandaan mulai beroperasi pada 1983 dan saat ini megimpor pati (tapioka dan jagung) dan mengubahnya menjadi pemanis, seperti glukosa, sorbitol, dan maltodextrin. Dengan perluasan tersebut maka Cargill akan dapat terus menghasilkan produk pemanis yang telah ada dan menambahkan produk baru seperti pati jagung, corn gluten meal, corn gluten feed, dan corn germ. Cargill akan lebih siap lagi untuk berkolaborasi dengan para pelanggan untuk memenuhi peningkatan kebutuhan mereka mulai dari industri permen, produk berbahan susu, makanan siap masak, produk perawatan pribadi dan industri pakan ternak. “Investasi dalam mengembangkan dan memperluas pabrik pemanis di Pandaan dilakukan bersamaan dengan upaya Pemerintah Indonesia untuk mendorong investasi,” ujar dia dalam keterangannya, Jumat (27/11).

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), hanya 3% dari penanaman modal asing (PMA) di Indonesia yang masuk ke sektor pertanian. Cargill saat ini mempunyai 20 ribu karyawan di 60 lokasi di seluruh Indonesia. Dalam lima tahun terakhir, Cargill sudah berinvestasi langsung di Indonesia senilai US$ 800 juta.

Editor : Tri Listiyarini (tri_listiyarini@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN