Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
logo bank dunia

logo bank dunia

Pertumbuhan Konsumsi Swasta Indonesia Naik Jadi 5,3%

GR, Selasa, 2 Juli 2019 | 09:06 WIB

JAKARTA, investor.id - Bank Dunia mencatat bahwa pertumbuhan konsumsi swasta Indonesia meningkat menjadi 5,3% di kuartal pertama 2019 dibandingkan 5,2% di kuartal keempat 2018.

"Peningkatan cukup sedang pada konsumsi swasta diperkirakan akan terus berlanjut," kata Ekonom Utama Bank Dunia di Indonesia, Frederico Gil Sander, dalam pemaparannya di acara peluncuran The June 2019 edition of the Indonesia Economic Quarterly di Jakarta, Senin.

Sander menyatakan pertumbuhan tersebut didukung oleh kenaikan cukup tajam pada belanja konsumsi partai politik, yang tumbuh sebesar 16,9% di kuartal pertama, dibandingkan 10,8% di kuartal keempat 2018.

Namun demikian, ia mencatat adanya perlambatan pada pertumbuhan konsumsi rumah tangga menjadi 5,0% dari 5,1% di kuartal sebelumnya.

Melambatnya pertumbuhan konsumsi rumah tangga itu disebabkan karena menurunnya tingkat konsumsi di sektor jasa, di antaranya transportasi dan komunikasi serta konsumsi restoran dan hotel.

Di antara konsumsi rumah tangga tersebut, konsumsi makanan dan minuman sekali lagi memberi kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan konsumsi swasta.

Sementara konsumsi di sektor kesehatan dan pendidikan meningkat pada laju tercepatnya.

Lebih lanjut, Sander juga menyebutkan bahwa pertumbuhan penjualan retail, yang hampir dua kali lipat menjadi 8,8% di kuartal pertama, juga menjadi indikator bulanan menguatnya konsumsi swasta.

Selain itu, penjualan sepeda motor juga meningkat secara signifikan menjadi 16,1% di kuartal pertama 2019, dibandingkan 7,6% di kuartal sebelumnya.

Namun demikian, kepercayaan konsumen di Indonesia, kata Sander, tercatat datar di kuartal pertama, tetapi ada indikasi kenaikan pada April dan Mei, yang terlihat dari peningkatan konsumsi swasta yang terus berlanjut di kuartal kedua.

Sumber : ANTARA

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA