Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bandara Soetta.

Bandara Soetta.

Pesawat Komersial Mendarat Perdana di Runway 3 Soetta

Thresa Sandra Desfika, Kamis, 15 Agustus 2019 | 18:08 WIB

JAKARTA, investor.id Runway 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang pada Kamis (15/8) didarati perdana oleh pesawat komersial, yakni pesawat NAM Air Boeing 737-500 dengan nomor penerbangan IN 181 yang berangkat dari Pontianak dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 09.20 WIB.

Penerbangan pesawat dengan registrasi PK-NAO itu diawaki oleh Capt. Hendra Jusak Jacobus, Capt. Hendaryanto, beserta first officer Ferry Firmansyah, dan 4 kru kabin dengan membawa total penumpang sebanyak 118 orang.

PH SVP of Corporate Secretary PT Angkasa Pura (AP) II Achmad Rifai mengatakan, Runway 3 telah didarati pertama kali oleh pesawat komersial setelah mendapatkan rekomendasi perizinan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Hari ini merupakan bagian dari sejarah Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Untuk pertama kalinya Runway 3 didarati pesawat komersial agar konektivitas serta dapat meningkatkan penerbangan di gerbang utama Indonesia ini," kata Achmad dalam keterangannya, Kamis (15/8).

Dia menambahkan, berpuluh-puluh tahun Bandara Soekarno-Hatta beroperasi dengan hanya 2 runway, dan akhirnya proyek Runway 3 sudah bisa dimanfaatkan guna mendukung Bandara Soekarno-Hatta dalam mempercepat pertumbuhan perekonomian dan pariwisata di Indonesia.

Menurut dia, adanya Runway 3 membuat kapasitas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta meningkat menjadi 114 penerbangan per jam. Runway 3 saat ini beroperasi dengan panjang 2.500 meter (m) dan nantinya bisa dinyatakan hingga 3.000 m.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyaksikan pendaratan pesawat kalibrasi di Runway 3 guna menguji kesiapan fisik runway pada 21 Juli 2019.

Di dalam kesempatan itu, Menhub menyatakan, Runway 3 sudah siap dioperasikan namun masih perlu mematangkan persiapan. Runway 3 akan dibuka untuk penerbangan komersial pada pertengahan Agustus 2019 sebagai hadiah ulang tahun ke-74 Republik Indonesia.

“Betapa gembiranya kita di Indonesia, Angkasa Pura II bisa menyediakan fasiitas runway ketiga. Memang sudah diharapkan Presiden agar bisa digunakan segera," terang Menhub.

Adapun proyek Runway 3 membutuhkan tanah seluas 216 hektare. Dari kebutuhan tanah seluas itu, AP II sebelumnya sudah memiliki 49 hektare dan sisanya melalui proses pembebasan tanah.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA