Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pipia gas PGN. Foto: IST

Pipia gas PGN. Foto: IST

PGN Bangun Infrastruktur CNG di Jawa Tengah

Ridho Syukra, Kamis, 3 Oktober 2019 | 23:23 WIB

SEMARANG, investor.id - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk membangun infrastruktur Compress Natural Gas (CNG) untuk memenuhi kebutuhan gas bumi di Jawa Tengah.

Pasokan gas bumi di Jawa Tengah masih lemah karena belum memiliki infrastruktur pipa gas bumi yang terhubung langsung.

Sekretaris Perusahaan PT PGN Rachmat Hutama mengatakan, pembangunan infrastruktur CNG merupakan solusi jangka pendek, saat ini infrastruktur  pipa gas bumi sedang dipersiapkan dimana Jawa Timur menjadi titik pasok, sedangkan Jawa Tengah menjadi titik pasar.

Gas bumi yang dipasok PGN untuk sektor industri dan rumah tangga di Semarang mencapai 220 ribu-250 ribu meter kubik per bulan atau mengalami kenaikan 37% jika dibandingkan 2018.

Layanan gas bumi melalui CNG diawali di kawasan industri Tambak Aji kemudian dikembangkan ke industri Wijaya Kusuma.

Seiring dengan pertumbuhan industri dan rumah tangga maka PGN berkomitmen untuk mempercepat pembangunan infrastruktur gas bumi di Jawa Tengah.

“Gas merupakan kebutuhan mendasar untuk rumah tangga dan industri tapi sayangnya Jawa Tengah pasokan gas nya masih lemah jika dibandingkan Jatim dan Jabar maka dari itu kami mempunyai komitmen untuk mempercepat pembangunan infrastruktur gas,” ujar dia di Semarang, Kamis (3/10).

PGN melalui PT Pertagas sedang menyelesaikan jaringan pipa gas transmisi Gresik-Semarang.

Dukungan yang dibutuhkan untuk pengelolaan gas bumi di Jawa Tengah adalah pemerintah daerah memberikan proses perizinan, sosialisasi pemanfaatan gas bumi untuk sektor industri.

Dan mewajibkan adanya konversi dari BBM ke BBG untuk seluruh angkutan kota dan logistik.

Ia mengatakan dengan adanya integrasi infrastruktur maka dapat meningkatkan tingkat utilasi aset serta mendorong perluasan pemanfaatan gas bumi dalam negeri.

“CNG menjadi terobosan PGN untuk memenuhi kebutuhan gas di Jawa Tengah dan komitmen maju bersama untuk negeri,” ujar dia.

Ia menjelaskan harga yang dijual untuk industri dan rumah tangga sudah terjangkau dan sudah disesuaikan dengan investasi pembangunan infrastrukturnya.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA