Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hariyadi Sukamdani. Foto: IST

Hariyadi Sukamdani. Foto: IST

PHRI: Pergantian Pimpinan Garuda Berdampak Positif ke Sektor Pariwisata

Arnoldus Kristianus, Jumat, 6 Desember 2019 | 17:10 WIB

JAKARTA, investor.id - Perhimpunan Hotel Republik Indonesia (PHRI ) menyambut positif pergantian Direktur Utama Garuda Indonesia. Diyakini pergantian pimpinan ini akan membawa pengaruh lebih baik untuk industri penerbangan dan akan berdampak positif untuk sektor pariwisata.

“Kita yang komplain paling berat karena dia dia menciptakan 'palkan kartel'. dia mendikte pasar, sampai Traveloka ditekan, ini tidak fair,” ucap Ketua PHRI Hariyadi Sukamdani di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Jumat (6/12).

Hariyadi mengatakan ini menjadi salah satu pembehanan di sektor pariwisata. Menurutya kenaikan harga tiket pesawat ikut berpengaruh besar terhadap penurunan jumlah wisatawan. Dampak dari kenaikan tiket pesawat bukan hanya dirasakan oleh penumpang namun juga pengusaha yang bergerak di bidang logistik. Sehingga secara kesuluruhan ini berdampak pada inflasi dan pertumbuhan ekonomi domestik.

“Bayangkan bukan hanya penumpang yang kena masalah, kargo kan juga jadi mahal, naik tidak kira-kira, ini mengganggu sekali,” ucap Hariyadi.

Ia menjelaskan kondisi harga tiket yang tidak kompetitif bila dibandingkan dengan rute yang sama di Asia Tenggara lainnya. Diharapkan upaya pembenahan yang dilakukan Kementerian BUMN bisa membawah hasil positif ke depannya.

“Kalau bicara LCC (Low Cost Carrier) kita lebih mahal. Pokoknya di mana tidak ada kompetisi pasti harganya mahal. kalau ada kompetitor, harga murah. Di wilayah Indonesia Timur terjadi penurunan kunjungan wisatawan,” ucap Hariyadi.

Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Humas Kementerian Keuangan
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Humas Kementerian Keuangan

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan penyelundupan motor Harley dan sepeda Brompton ini sudah menjadi pelanggaaran praktik tata kelola perusahaan ( good corporate govermence/GCG ) yang baik. Hal ini berdampak kontraproduktif terhadap upaya untuk mengangkat kinerja dan citra BUMN. Pihaknya sudah mendapatkan laporan dari komite audit bahwa motor Harley Davidson ini milik Direktur Utama Garuda I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra.

“Kalau oknum di dalamnya tidak siap inilah yang terjadi. Kami dari Kementerian BUMN tentu akan memberhentikan saudara Direktur Utama Garuda, dan tentu proses ini karena kami proses publik pasti ada prosedur lagi. Saya yakin Kementerian Keuangan akan memproses secara tuntas apalagi disini ada kerugian negara menjadi faktor tidak hanya perdata tapi juga pidana,” ucap Erick Thohir.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA