Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hestu Yoga Saksama. Sumber: BSTV

Hestu Yoga Saksama. Sumber: BSTV

PMK Perpanjangan Insentif Pajak UMKM akan Segera Terbit

Senin, 13 Juli 2020 | 20:40 WIB
Triyan Pangastuti

JAKARTA, investor.id - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan tengah menyusun peraturan Menteri Keuangan (PMK) terbaru terkait perpanjangan insentif pajak penghasilan (PPh) final ditanggung pemerintah untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) hingga Desember.

"Kami melihat kondisi saat ini dan untuk insentif UMKM akan diperpanjang sampai Desember 2020. Akan kami proses, PPh final sebesar 0,5% akan kami perpanjang sampai dengan Desember sekitar 1,2 minggu akan keluar PMK yang baru,” ujar Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas DJP Kementerian Keuangan, Hestu Yoga Saksama dalam acara seminar Katadata tentang UMKM Bangkit Bersama Pajak via virtual, Senin (13/7).

DJP mencatat hingga saat ini baru 201.880 yang memanfaatkannya atau setara dengan 8,7% yang mengajukan permohonan untuk mendapatkan insentif. Oleh karena itu ia meminta pelaku UMKM untuk ikut mengikuti dan mengajukan insentif ini, agar dapat mengurangi beban akibat pandemic Covid-19.

“Tapi memang baru 201 ribu yang memanfaatkan karena banyak juga UMKM yang sedemikian, tidak ada omzetnya jadi tidak ada yang dilaporkan lagi, untuk memanfaatkan insentif pajak ini," ungkapnya.

Selain itu, ia mengatakan bahwa DJP juga telah melakukan sosialisasi dengan menyebar pemberitahuan pemanfaatan fasilitas keringanan pajak ini kepada 2,1 juta wajib pajak (WP) melalui email. Namun hal tersebut masih belum memberikan dampak signifikan terhadap pemanfaatannya.

"Harus kita sosialisasikan terus, kita coba lakukan sosialisasi awal Mei ada 2,1 juta yang kita email blast, bahwa ada insentif memanfaatkan nya begini, kita sosialisasi di KPP juga dibantu dari stakeholder, dan mitra kami,” jelasnya.

Dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional sektor UMKM menjadi fokus pemerintah dengan mengalokasikan Rp 123,46 triliun, salah satunya untuk PPh Final UMKM DTP sebesar Rp 2,4 triliun.

Kendati begitu, Hestu menyebut kepastian perpanjangan masa insentif baru berlaku untuk PPh final UMKM.

Sementara itu, untuk kemungkinan adanya perpanjangan insentif pajak lainnya yang termasuk dalam PMK 44/2020, seperti PPh Pasal 21 DTP dan diskon 30% angsuran PPh Pasal 25 masih belum dipastikan.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN