Menu
Sign in
@ Contact
Search
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Presiden: Jaga Kepercayaan Investor

Rabu, 30 Nov 2022 | 21:05 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pentingnya menjaga kepercayaan para investor di tengah makin kerasnya persaingan untuk merebut investasi antarnegara. Sebab, saat ini, situasi global sangat sulit bagi semua negara.

“Kepercayaan sudah kita peroleh, sehingga sekarang tinggal bagaimana implementasi dari kebijakan yang telah kita ambil. Jangan sampai ada yang terganggu. Kepercayaan yang sudah kita dapatkan, jangan sampai hilang, karena kita salah memperlakukan investasi yang sudah masuk,” ujar Presiden dalam Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2022 yang berlangsung secara hibrida di Hotel Ritz Carlton pada Rabu (30/11). 

Dia mengatakan, pada  2023, perekonomian global akan mengalami resesi. Oleh karena itu, pemerintah terus memperkuat sumber-sumber pertumbuhan ekonomi domestik. Dalam hal ini pemerintah terus melakukan pembenahan investasi untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi. 

"Saat ini, semua negara ingin ada capital inflow. Sebab, kalau tidak ada tambahan arus modal masuk, perputaran uang tidak terjadi dan tidak ada pertumbuhan. Oleh sebab itu, pemerintah sangat berhati-hati dalam menentukan kebijakan, baik kebijakan fiskal maupun moneter,” ucap Joko Widodo.

Advertisement

Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia optimistis target realisasi investasi tahun 2022 sebesar Rp 1.200 triliun tercapai. Per kuartal III-2022, realisasinya mencapai Rp 894 triliun atau 74,4% dari target.

Bahlil menuturkan, pemerintah mewajibkan seluruh pengusaha yang masuk Indonesia berkolaborasi dengan pengusaha daerah dalam rangka melokalisasi investasi, khususnya dengan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Mereka datang, sehingga kita harus melayani dengan baik. Tetapi, mereka juga punya kewajiban untuk mengangkat perekonomian daerah untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata mantan ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini. 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com