Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Joko Widodo.. Sumber: youtube Presiden

Presiden Joko Widodo.. Sumber: youtube Presiden

Presiden Jokowi: Industri Pangan Paling Bertahan di Era Covid

Kamis, 21 Januari 2021 | 10:43 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, industri pangan nasional akan menjadi sektor yang paling mampu bertahan di masa Covid-19, apabila Indonesia dapat mengurangi ketergantungannya pada komoditas diimpor.

“Industri apa sih yang akan bertahan pada Covid ini. Saya melihat dan perlu dikembangkan. Satu, pangan. Kedua, farmasi dan rumah sakit. Ketiga, industri teknologi, jasa keuangan, dan pendidikan,” kata Presiden Jokowi  saat berpidato secara virtual  pada Pembukaan Kompas100 CEO Forum Tahun 2021  dari Istana Negara, Jakarta, Kamis (21/1/2021).

Presiden Jokowi mengatakan, saat ini Indonesia selain produk pertanian seperti gula, Indonesia juga  tergantung pada impor komoditas kedele, gula, jagung, dan bawang putih.  Padahal Indonesia memiliki lahan luas dan sumber daya yang dapat meningkatkan produktivitas pertanian.

“Pangan,  saya hanya ingin menggarisbawahi tentang barang komoditas barang-barang kita yang masih impor. Barang-barang subtitusi impor ini harus segera diselesaikan. Urusan gula yang masih impor jutaan ton, padahal kita memiliki lahan dan resources. Kedele, kita juga memiliki lahan yang cukup luas, demikian juga jagung,” kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, saat ini Indonesia sangat bergantung pada  komoditas bawang putih impor karena kalah bersaing.  

“Bawang putih  yang dulu kita tidak impor, sekarang impor. Dulu di Nusa Tenggara Barat  petani menanam bawang putih. Ini juga harus dibenahi,” katanya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN