Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Joko Widodo membuka Investor Daily Summit 2021 dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-20 Harian Investor Daily

Presiden Joko Widodo membuka Investor Daily Summit 2021 dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-20 Harian Investor Daily

INVESTOR DAILY SUMMIT 2021

Presiden Jokowi: UMKM-Koperasi dan Investor Besar Sama Mulianya

Selasa, 13 Juli 2021 | 09:15 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah memberikan akses setara bagi investor berbasis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan koperasi dengan investor besar maupun investor asing, karena sama-sama memberikan kesempatan kerja bagi rakyat Indonesia dan berkontribusi memajukan perekonomian bangsa. Mereka sama-sama mulianya.

“Saya ingin menggarisbawahi bahwa investasi jangan hanya dilihat sebagai investor besar. Pemerintah juga memberikan akses yang setara kepada golongan UMKM dan koperasi. Investor berbasis UMKM dan koperasi sama mulianya dengan investor besar, investor asing. Sama-sama memberikan kesempatan kerja kepada rakyat Indonesia. Sama-sama berperan memajukan perekonomian bangsa,” kata Presiden Jokowi saat berpidato pada Investor Daily Summit 2021 yang diselenggarakan dalam rangka hari ulang tahun ke-20 Harian Investor Daily,  pada Selasa (13/7/2021).

Investor Daily Summit 2021 bertema “Mengakselerasi Momentum Pertumbuhan,” adalah forum  yang mempertemukan pemerintah dan otoritas selaku regulator, kepala daerah, investor dalam dan luar negeri, serta asosiasi dan pelaku usaha.

Hadir pada acara IDS hari pertama ini, di antaranya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Presiden Jokowi mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mendorong investasi di Tanah Air. Undang-Undang (UU) Cipta Kerja dimaksudkan untuk meningkatkan ekosistem investasi dan kegiatan berusaha di Indonesia, serta memberikan perlindungan bagi koperasi dan UMKM, dan industri nasional.

“Penyederhanaan perizinan berusaha di pusat dan daerah, penerapan perizinan berusaha berbasis risiko, serta berbagai insentif lainnya, diharapkan dapat meningkatkan minat investor, khususnya dari dalam negeri,” kata Presiden Jokowi.

Secara kumulatif, pencapaian realisasi investasi pada tahun 2020 (Januari-Desember) adalah  sebesar Rp 826,3 triliun atau 101,1% dari target Rp 817,2 triliun.  Sepanjang tahun 2020, realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) mencapai Rp 413,5 triliun (50,1%), sedangkan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp412,8 triliun (49,9%). Perolehan pada tahun 2020 tersebut mampu menyerap  1.156.361 TKI dengan total 153.349 proyek investasi.

 

 

Editor : Hari Gunarto (hari_gunarto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN