Menu
Sign in
@ Contact
Search
Mondelez rayakan pencapaian sukses 10 tahun pertama program Cocoa Life yang berhasil melampaui target awalnya. 
Sumber: Istimewa

Mondelez rayakan pencapaian sukses 10 tahun pertama program Cocoa Life yang berhasil melampaui target awalnya. Sumber: Istimewa

Program Cocoa Life Mondelez Berhasil Lampui Target

Selasa, 27 September 2022 | 03:30 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

PINRANG, investor.id — Mondelez rayakan pencapaian sukses 10 tahun pertama program Cocoa Life yang berhasil melampaui target awalnya. Cocoa Life merupakan program kakao berkelanjutan yang diinisiasi oleh Mondelez International sejak 2012 untuk mensejahterakan petani dan komunitas kakao, serta turut berpartisipasi aktif dalam pelestarian dan pemulihan hutan. Program tersebut dilaksanakan di Ghana, Pantai Gading, Brasil, Republik Dominika, India, dan Indonesia.

Andi Sitti Asmayanti selaku Director Sustainability South East Asia Mondelez International menjelaskan, memasuki 10 tahun perjalanannya, program Cocoa life secara global telah berhasil memperoleh berbagai pencapaian sukses, mulai dari memberdayakan hampir 210 ribu petani dan menjangkau lebih dari tiga juta anggota komunitas di seluruh dunia, serta telah menginvestasikan lebih dari US$ 400 juta dalam mendukung mata pencaharian petani.

Baca juga: Mondelez Tambah Lini Produksi Ekspor Rp 329,8 M

“Pencapaian tersebut jauh melampaui target global pada 2022, yaitu memberdayakan 200 ribu petani dan satu juta anggota komunitas, dengan target investasi sebesar US$ 400 juta,” jelas Yanti dalam keterangan pers, Senin (26/9/2022).

Dari sisi pemberdayaan komunitas berbasis pendekatan Community Action Plans (CAP), program ini telah berhasil memberdayakan lebih dari 2.400 komunitas kakao di bawah naungan Cocoa Life, dengan memprioritaskan investasi di infrastruktur sekolah, air dan Kesehatan atau sanitasi.

Baca juga: Mondelez International Bangun Pusat Penelitian Tanaman Kakao di Pasuruan

Selanjutnya, dari sisi lingkungan, program Cocoa Life juga telah berhasil melakukan pemetaan lebih dari 198 ribu lahan pertanian untuk membantu mencegah deforestasi pertanian Kakao di seluruh dunia. Selain itu, saat ini program Cocoa Life juga telah berhasil memenuhi 75% kebutuhan produksi cokelat Mondelez International, dan ditargetkan mencapai 100% pada 2025.

“Program Cocoa Life di Indonesia hingga saat ini telah berhasil memberdayakan lebih dari 40 ribu petani, dan menjangkau lebih dari 68 ribu anggota komunitas kakao di wilayah Sumatera Barat, Lampung, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara,” tambah Yanti.

Baca juga: Mondelez Indonesia Salurkan Bantuan Belasan Miliar

Sementara itu, Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang diwakili oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan Heru Tri Widarto menyampaikan apresiasinya atas kehadiran program Cocoa Life dari Mondelez Indonesia. Melalui kesempatan tersebut, ia juga turut mengajak pihak-pihak lainnya untuk dapat mengambil peran sesuai dengan kewenangan dan kemampuannya dalam menyelesaikan perrmasalahan kakao nasional.

“Kami berharap semoga ruang lingkup dari progam ini dapat direplikasi dan disebarluaskan kepada sentra produksi kakao nasional lainnya, hingga akhirnya para petani kakao dapat memperoleh manfaat dan berujung para peningkatan kesejahteraan mereka," jelas Heru.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com