Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tenaga Kerja - angkatan kerja

Tenaga Kerja - angkatan kerja

Program Kartu Prakerja Sasar Pengembangan Kewirausahaan

Sabtu, 8 Agustus 2020 | 00:50 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Pendaftaran gelombang IV Program Kartu Prakerja dimulai hari ini (Sabtu, 8/9/2020) pukul 12.00 WIB, dengan kuota penerima kartu ini ditingkatkan menjadi 800 ribu orang.  Program Kartu Prakerja yang semula hanya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas serta daya saing angkatan kerja kini diperluas, yakni untuk pengembangan kewirausahaan. 

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 Tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 Tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja.

"Permenko itu memberikan prioritas pada pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak Pandemi Covid-19, namun belum tersentuh oleh bantuan sosial,” kata Susiwijono yang merangkap sekretaris Komite Cipta Kerja, Jumat (7/8/2020). 

Bersamaan dengan pembukaan gelombang IV, dia menegaskan, manajemen Pelaksana menerima usulan kemitraan dari beberapa calon digital platform dan mitra pembayaran. Sesuai dengan Permenko baru, penetapan mitra didasarkan atas prinsip transparan, akuntabel, adil, terbuka, bersaing, efektif, dan efisien. 

Untuk mengevaluasi dampak Program Kartu Prakerja terhadap kondisi kebekerjaan dan kondisi sosial ekonomi penerima kartu prakerja, dia menuturkan, Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja juga telah merilis Survei Kebekerjaan pertama. Untuk informasi lebih lanjut, penerima Kartu Prakerja dapat mengakses dashboard peserta pada situs resmi di www.prakerja.go.id. 

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin menjelaskan, ada beberapa hal baru yang diatur ke dalam Permenko baru. Pertama, penjabaran lebih rinci tentang peran dan tanggung jawab masing-masing learning platform dan digital platform. 

"Kedua, penegasan kembali fungsi digital platform sebagai e-marketplace. Ketiga, pembatasan biaya jasa yang dikenakan oleh dari digital platform kepada lembaga pelatihan. Keempat, penjabaran lebih rinci mengenai tugas manajemen pelaksana dalam melaksanakan monitoring terhadap digital platform dan lembaga pelatihan," kata dia 

 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN