Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi komoditas timah. Foto: PT Timah Tbk.

Ilustrasi komoditas timah. Foto: PT Timah Tbk.

PT Timah Komitmen Pada Reklamasi Tambang

Sabtu, 12 Juni 2021 | 17:03 WIB
Rangga Prakoso (rangga.prakoso@beritasatumedia.com)

Jakarta - PT Timah Tbk berkomitmen melaksanakan tanggungjawab lingkungan berkelanjutan dalam setiap lini usahanya baik dalam konteks lingkungan dan sosial. Perusahaan selalu memastikan pengelolaan dampak lingkungan sejak tahap awal operasional hingga tahap reklamasi area pasca tambang memiliki kontribusi tidak hanya dari perspektif ekonomi, tapi juga sosial dan lingkungan pada masa yang akan datang.  

Terkait aturan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengenai kewajiban membuat izin lingkungan, Perseroan selalu memperbarui izin lingkungan sesuai dengan yang dipersyaratkan di dalam regulasi yang nantinya akan dijabarkan dalam Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL) yang menjadi acuan pengelolaan dan pemantauan dampak lingkungan sehingga risiko terhadap lingkungan dapat diminimalisir dan dampak positif bisa ditingkatkan. 

"Hal itu merupakan wujud komitmen kuat dari Perusahaan. Komitmen dan kesungguhan PT TIMAH untuk mematuhi berbagai regulasi lingkungan membawa hasil dengan tidak adanya sanksi atau denda atas pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap regulasi yang berlaku," kata AVC Corporate Communication PT Timah Anggi Budiman Siahaan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (11/6).

Adapun bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan juga berlanjut pasca tambang yang terus dilakukan PT Timah dengan melakukan reklamasi di wilayah operasional perusahaan. 

Reklamasi Laut sejak tahun 2016 PT Timah telah melaksanakan penenggelaman 3.105 unit fish shelter dan 1.475 unit transplantasi karang yang dilakukan di wilayah operasional perusahaan diantaranya di Pulau Pemain, Pantai Gunung Namak, Perairan Matras, Karang Kering Rebo, Karang Melantut, Pulau Putri, Pulau Panjang, Karang Aji, Karang Tanjung Ular, dan Tanjung Melala.

Upaya reklamasi laut yang dilakukan PT Timah ini juga melibatkan masyarakat nelayan sekitar. "Hal ini sebagai upaya PT Timah untuk dapat beriringan memberdayakan masyarakat sekaligus memberikan daya ungkit ekonomi bagi masyarakat," kata Anggi.

Pengelolaan lingkungan PT Timah tidak hanya dilakukan di laut, untuk reklamasi di darat juga dilakukan secara terintegrasi. Salah satu bentuk reklamasi yang dilakukan PT Timah di darat yakni di Kampoeng Reklamasi Air Jangkang kabupaten Bangka serta Kampoeng Reklamasi Selinsing Kabupaten Belitung Timur yang mengusung konsep edu ecotourism. PT Timah juga melaksanakan reklamasi dalam bentuk lainnya, seperti pemanfaatan lahan bekas tambang untuk fasilitas umum seperti sarana pendidikan.

Reklamasi dalam bentuk lainnya dilaksanakan PT Timah sejalan dengan Keputusan Menteri ESDM No.1827 tahun 2018. Dimana hal ini dilaksanakan dengan mengedepankan  kesesuaian dengan kebutuhan masyarakat sekitar daerah operasional dan dapat bekerjasama dengan komunitas, contohnya Kampoeng Reklamasi Air Jangkang bersama PPS (Pusat Penyelamatan Satwa) ALOBI yang melakukan konservasi satwa yang dilindungi.

Reklamasi bentuk lainnya yang akan dilakukan PT Timah tahun ini yakni, Sarana olahraga di Belinyu Kabupaten Bangka, Pembangunan pondok pesantren dan Yayasan Islamic Center Baitul Mukminin Bangka Belitung  di Kabupaten Bangka Tengah serta lahan bekas tambang yang akan digunakan untuk pemakaman pasien Covid-19 di Bangka Selatan. Selain itu, ada juga reklamasi yang diperuntukan untuk hutan kota di Bangka Selatan.

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN