Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit. Foto: tsipil.ugm.ac.id

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit. Foto: tsipil.ugm.ac.id

PUPR Ajak Investor Aktif di Prakualifikasi Pelelangan Tol Gilimanuk - Mengwi Rp 19,7 T

Senin, 1 Maret 2021 | 12:12 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai membuka pendaftaran Prakualifikasi Pelelangan Jalan Tol Gilimanuk - Mengwi senilai Rp 19,7 triliun pada Senin (1/3). Investor swasta Indonesia diminta lebih berpartisipasi aktif.

"Kami harap agar investor swasta Indonesia bisa berpartisipasi lebih aktif. Sebab, ruas jalan tol ini sangat diharapkan oleh masyarakat Bali dan Pemerintah Daerah (Pemda) Bali," kata Kepala BPJT Danang Parikesit kepada Investor Daily, Senin (1/3).

Selain itu, dalam pembukaan prakualifikasi pelelangan ini, Danang juga ingin memperoleh para calon peserta pelelangan yang qualified baik secara kompetensi teknis pengembangan jalan tol maupun kompetensi finansial perusahaan.

Dengan demikian, pemenang lelang bisa menyelesaikan tugas dengan kualitas jalan yang baik dan tidak mengalami hambatan dalam tahap konstruksinya.

Untuk itu, BPJT bertugas memastikan dukungan pemerintah pusat untuk konektivitas wilayah dapat terwujud dengan baik dan meningkatkan pembangunan daerah serta kesejahteraan masyarakat.

Proyek Jalan Tol Gilimanuk - Mengwi merupakan proyek Atas Badan Usaha (Unsolicited) dengan hak menyamakan penawaran (Right to Match). Seluruh proses pendaftaran prakualifikasi pelelangan dilaksanakan secara daring terhitung sejak Senin (1/3/2021) hingga Kamis (15/4/2021).

Sementara penjelasan umum mengenai dokumen prakualifikasi bakal dilaksanakan BPJT pada Rabu (10/3/2021). Proses pelelangan direncanakan selesai pada kuartal IV 2021 dan pemenang lelang diumumkan melalui penetapan Menteri PUPR yang diikuti dengan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT).

Dari informasi BPJT, Jalan Tol Gilimanuk - Mengwi memiliki total panjang 96,21 km yang terbagi dalam 3 seksi. Seksi 1 Gilimanuk - Pekutatan sepanjang 54 km, Seksi 2 Pekutatan - Soka sepanjang 23,6 km, dan Seksi 3 Soka - Mengwi sepanjang 21,8 km.

Pembangunan jalan tol kedua di Pulau Dewata ini sekaligus sebagai wujud pengembangan sektor pariwisata Bali terutama untuk meningkatkan konektivitas dari Pelabuhan Gilimanuk hingga Metropolitan Sarbagita yang seringkali mengalami kemacetan.

Di samping itu, tol ini termasuk bagian dari pengembangan Jalan Tol Trans Jawa - Bali yang terhubung dari Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur dan diteruskan sampai Bali. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN