Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bedah rumah di Sumatera Selatan (Sumsel).

Bedah rumah di Sumatera Selatan (Sumsel).

PUPR akan Bedah 6.350 Rumah di Sumsel

Kamis, 18 Februari 2021 | 10:07 WIB
Edo Rusyanto (edo_rusyanto@investor.co.id)

Jakarta, Investor.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun tiga rumah susun (rusun) dan membedah 6.350 rumah lewat program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Sumatera Selatan (Sumsel) pada 2021. Tahun lalu, program serupa yang digulirkan melalui direktorat perumahan itu menuntaskan pembangunan dua menara rusun dan membedah 7.200 rumah.

“Program BSPS mempunyai peran penting dalam mendukung pemulihan ekonomi, melalui BSPS selain tujuan utama menciptakan hunian yang layak bagi masyarakat, Kementerian PUPR juga ingin meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid, dalam siaran pers, baru-baru ini.

Dia menjelaskan, BSPS atau bedah rumah juga sekaligus menjadi kegiatan padat karya tunai sehingga masyarakat memperoleh penghasilan sebagai tukang dalam proses pembangunan rumah.  “Sehingga membantu pemulihan ekonomi masyarakat dan juga mampu menyerap tenaga kerja di daerah tersebut,” jelasnya.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera V, A. Darwis, mengatakan, untuk 2021, Sumsel akan membangun tiga rusun. Ketiganya terdiri atas Rusun Universitas Sriwijaya Kabupaten Ogan Ilir, Rusun Ponpes Junjungan Sayyid Hanim Kabupaten Oku Timur, dan Rusun Ponpes SMP dan SMA Bait Al Quran Kayu Agung Kabupaten Oki. Lalu, untuk padat karya atau BSPS sebanyak 6.350 unit dan pembangunan PSU 300 unit.

“Dengan terbentuknya Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan, kami akan terus meningkatkan kualitas pekerjaan agar semakin baik dalam hal penyediaan perumahan khususnya pada program Padat Karya Tunai sehingga mampu mencapai target tahun anggaran 2021,” kata dia.

Selain itu, tambahnya, pihaknya berupaya meningkatkan koordinasi dengan seluruh kabupaten/kota agar dapat menjalankan kegiatan serupa baik melalui dana APBD, dana desa ataupun CSR guna menyediakan rumah yang layak huni bagi MBR.

Editor : Edo Rusyanto (edo_rusyanto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN