Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Rusun guna mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua. Foto: PUPR

Rusun guna mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua. Foto: PUPR

PUPR Selesaikan Penataan Kawasan Kampung Harapan PON Papua 2021

Senin, 23 November 2020 | 22:24 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id  - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Cipta Karya telah menyelesaikan penataan kawasan Kampung Harapan di Provinsi Papua sebagai venue Pekan Olahraga Nasional (PON) yang diselenggarakan 2021 mendatang.

Menteri PUPR Basuki Hadomuljono menyampaikan bahwa PUPR mendapatkan tugas melakukan penataan di dua kawasan. Pertama kawasan Kampung Harapan dan kedua kawasan Doyo Baru untuk menyiapkan perhelatan PON Papua tahun 2021.

"Progres penataan kawasan di Kampung Harapan, saya kira sekarang sudah selesai. Kemudian Istora Papua Bangkit juga sudah selesai. Kemudian lapangan Hockey di indoor dan outdoor serta arena Cricket Kota Jayapura Papua juga sudah selesai termasuk Aquatic PON Papua sudah selesai. Bahkan arena tersebut sudah mendapat sertifikat dari Federation Internationale de Nation (FINA)," ucap Basuki beberapa waktu lalu.

Hanya saja, untuk lapangan Hockey indoor di Jayapura masih dalam penyelesaian terutama di aspek lingkungannya. "Jadi kalau dari arah bandara menuju Jayapura itu kawasan Kampung Harapan. Sementara dari bandara lalu belok kiri itu kawasan olahraga Doyo Baru," jelasnya.

Rusun guna mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua
Rusun guna mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua

Adapun total biaya pembangunan untuk arena Cricket dan lapangan Hockey di Papua mencapai Rp 277 miliar dengan kontraktor PT Nindya Karya dan konsultan manajemen PT Bina Karya senilai Rp 4,9 miliar.

Sedangkan di kawasan Doyo Baru, berdasarkan data Kementerian PUPR, penataannya dikerjakan kontraktor pelaksana PT Cahaya Bina Karya sejak kontrak per 4 Desember 2019 dengan anggaran sebesar Rp 64,9 miliar. Sebagai Konsultan MK dikerjakan PT Ciriajasa Engineering Consultant per 20 Desember 2019 dengan biaya Rp 2,45 miliar.

Kawasan Olahraga Doyo Baru dilengkapi dengan kantor, sekolah, utilitas, wisma putri dan putra, GOR renang, lapangan tenis, basket, volly, futsal, ampitheater, tampungan air (danau), rumah dinas, pujasera, dan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Dukung Piala Dunia U-20

Di samping bertugas membangun venue PON di Papua, Basuki juga bilang bahwa PUPR turut mendukung penyelenggaraan Piala Dunia Sepakbola U-20 tahun 2021 dengan merehabilitasi besar-besaran dua venue utama yakni Stadion Manahan Solo Jawa Tengah dan Stadion I Wayan Dipta di Kabupaten Gianyar, Bali serta 15 lapangan latihan.

"Jadi 1 stadion utama harus ada 4 lapangan latihan. Jadi 15 lapangan latihan itu ada di beberapa kota seperti Palembang, Bandung, Solo, Surabaya, dan Bali. Di Surabaya, pemerintah daerah akan menangani langsung stadion utamanya. Bandung juga demikian. Namun ada beberapa lapangan latihan yang harus dikerjakan PUPR," tambah Basuki.

15 lapangan latihan tersebut adalah 3 lapangan di Palembang Sumatra Selatan berupa Stadion Atletik Jakabaring 1, Lapangan Panahan dan Baseball, 3 lapangan di Jawa Barat yakni Stadion Sidolig Bandung, IPDN Jatinangor Sumedang, dan Lapangan Jati Padjajaran Universitas Padjajaran.

Kemudian 4 lapangan latihan di Solo Jawa Tengah yakni Sriwedari, Lapangan Kota Barat, Banyu Anyar, dan Sriwaru. Paket tersebut dikerjakan PT Nindya Karya wilayah dua dengan nilai kontrak sekitar Rp78,8 miliar.

Lalu, satu lapangan latihan Glora Bangkalan di Madura dan 4 lapangan latihan di Bali yang meliputi renovasi satu venue utama stadion I Wayan Dipta, Gianyar dan 4 lapangan latihan yaitu Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Stadion Glora Tri Sakti Kabupaten Badung, Stadion Kompyang Sujana Denpasar, dan Stadion Glora Samudra, Badung. Paket ini dikerjakan PT PP (Persero) Tbk dengan nilai kontrak Rp152,9 miliar.

"Ini semua baru saja ditandatangani kontraknya 6 November 2020 lalu dan akan selesai dalam waktu 6 bulan sehingga dapat digunakan pada saat pelaksanaan Piala Dunia U-21," tutup Basuki.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN