Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gerbang tol Cikampek

Gerbang tol Cikampek

VOLUME KENDARAAN DIPREDIKSI MENINGKAT 21,77%

Rabu, Puncak Arus Mudik Libur Maulid

Selasa, 27 Oktober 2020 | 17:09 WIB

JAKARTA, Investor.id - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperkirakan puncak volume lalu lintas (lalin) arus mudik libur cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1412 H terjadi pada Rabu (28/10). Sedangkan puncak arus balik diprediksi jatuh pada Minggu (1/11). Volume lalin keluar Jakarta selama empat hari libur Maulid (27-30 Oktober 2020) diperkirakan naik sekitar 21,77% dibanding periode new normal.

"Kendaraan yang meninggalkan Jakarta diprediksi meningkat selama libur cuti bersama Maulid Nabi. Kami mengimbau pengguna jalan menghindari perjalanan di hari puncak volume lalin demi keamanan dan kenyamanan, sekaligus untuk mengantisipasi peningkatan lalin," kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis yang diterima Investor Daily di Jakarta, Selasa (27/10).

Dwimawan Heru menjelaskan, untuk mengantisipasi peningkatan lalin, Jasa Marga bakal mengoptimalkan layanan di tempat istirahat dengan menerapkan pebatasan jarak fisik (physical distancing) melalui pembatasan pengunjung dan kapasitas parkir maksimum 50% sebagai pencegahan penyebaran Covid-19.

Selain itu, menurut Heru, Jasa Marga menyiagakan petugas operasional dan pos pengamanan. Perseroan juga bekerja sama dengan Polri untuk merekayasa lalu lintas buka/tutup tempat istirahat saat terjadi antrean kendaraan.

“Kami mohon komitmen pengguna jalan untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin serta membawa bekal dari rumah dan memastikan BBM terisi penuh sebelum melakukan perjalanan. Juga membawa peralatan ibadah pribadi dan tidak berlama-lama di rest area,” ujar dia.

Heru juga meminta pengguna jalan memastikan kendaraan maupun pengendaranya dalam keadaan prima, mengingat akhir-akhir ini curah hujan sedang tinggi. Pengguna jalan pun perlu memastikan saldo uang elektronik cukup. "Tentu pengguna jalan harus senantiasa mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas," tegas dia.

Naik 21,77%

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga, Pratomo Bimawan Putra menambahkan, volume lalin keluar Jakarta selama empat hari periode libur Maulid Nabi (27-30 Oktober 2020) diprediksi naik sekitar 21,77% dibanding periode new normal.

Dia mengungkapkan, distribusi mayoritas lalin meninggalkan Jakarta ke arah timur menuju tol Trans Jawa serta Tol Cipularang dan Padaleunyi diperkirakan mencapai 48,17%. Sedangkan lalin yang meninggalkan Jakarta ke arah barat menuju Banten/Merak mencapai 28,32%. Adapun lalin ke arah selatan yang merupakan lalu lintas lokal menuju Bogor/Puncak/Ciawi diprediksi mencapai dan 23,51%.

Prediksi tersebut, menurut Bima, merupakan angka kumulatif lalin yang meninggalkan Jakarta di beberapa gerbang tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), GT Cikampek Utama, dan GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Dia mengatakan, di samping melakukan peningkatan layanan di rest area, Jasa Marga mengupayakan sejumlah peningkatan pelayanan operasional dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan, seperti layanan lalu lintas, transaksi, dan konstruksi.

Bima mencontohkan, dalam pelayanan transaksi, Jasa Marga meningkatkan kapasitas layanan di GT utama dengan menyiapkan petugas mobile reader dan GT sementara di Km 149 Gedebage Tol Padalarang-Cileunyi untuk mengantisipasi kepadatan ke luar Cileunyi.

"Kami juga memastikan gardu transaksi beroperasi penuh, peralatan tol berfungsi 100%, dan penyiagaan genset selama 24 jam,” tandas dia.

Bima mengemukakan, pada layanan konstruksi, Jasa Marga menghentikan sementara pekerjaan konstruksi selama libur Maulid Nabi, menyiapkan petugas siaga selama 24 jam untuk pekerjaan pemeliharaan rutin standar pelayanan minimal (SPM), dan membersihkan saluran guna mengantisipasi terjadinya genangan air.

Menurut dia, lajur Km 48 yang merupakan pertemuan Tol Jakarta-Cikampek bawah dengan Jakarta-Cikampek Elevated juga dilakukan pelebaran di kedua sisi, baik arah Jakarta maupun arah Cikampek. "Pelebaran lajur ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan titik pertemuan kendaraan di dua ruas jalan tol tersebut," tutur dia.

 

 

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN