Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Buah nanas. Foto: fakta.co.id

Buah nanas. Foto: fakta.co.id

RI Ekspor Nanas Kemasan 17 Ribu Kontainer

Tri Listiyarini, Rabu, 18 Desember 2019 | 10:51 WIB

Bandarlampung, investor.id-Indonesia melalui PT Great Giant Pineapple (GGP) mengekspor sebanyak 17 ribu kontainer nenas atau nanas kaleng ke sejumlah negara tujuan sepanjang 2019. "Jumlah itu menghasilkan devisa negara sebesar US$ 240-300 juta," kata Goverment Relation GPP Welly Sugiono, di Lampung Tengah, Rabu (18/12).

Perusahaan itu, kata dia, memiliki kapasitas produksi 2.500 metrik ton per hari, dengan limbah sebanyak 300 ton yang digunakan untuk pakan ternak sapi dalam upaya penggemukan. Pihaknya menyambut hangat upaya pemerintah dalam upayanya meningkatkan ekspor komoditas pertanian.

Dia juga berharap upaya pembudidayaan komoditas pertanian yang terintegrasi juga mendapat dukungan dari Kementerian Pertanian (Kementan) dan membantu mengatasi kendala regulasi pasar luar negeri. Welly mencontohkan, ada diskriminasi ekspor komoditas pertanian dan perkebunan di pasar luar negeri, seperti penjualan nanas ke Eropa dikenakan pajak 15%, sedangkan Filipina 0%. Selanjutnya, ekspor pisang ke Korea dikenakan pajak sebesar 30%, sedangkan Vietnam hanya dikenakan 15% untuk ekspor komoditas yang sama. "Saya berharap hambatan tersebut dapat diatasi," ujarnya.

Lebih jauh dia berterima kasih kepada pemerintah khususnya Bea Cukai dan Karantina yang memberikan kemudahan, melalui layanan inline inspection atau pemeriksaan karantina terintegrasi dengan sistem GMP (Good Manufacturing Practice) dan GHP (Good Handling Practice), sehingga mempercepat proses bisnis serta pemenuhan persyaratan sanitary and phytosanitary dari negara tujuan.
 

Sumber : ANTARA

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA