Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Roti kopi dan donat, kuliner yang ditawarkan di Roti Kapiten

Roti kopi dan donat, kuliner yang ditawarkan di Roti Kapiten

Roti Kapiten Tawarkan Empat Paket Kemitraan Sekaligus pada 2021

Minggu, 27 Desember 2020 | 21:29 WIB
Mardiana Makmun (mardiana@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Roti Kapiten terus memperbesar bisnisnya, Pada 2021, Roti Kapiten menawarkan empat paket kemitraan sekaligus, yaitu roti kopi, roti gembong, donat, dan kopi, dalam satu bisnis.

 

“Biasanya, waralaba lain hanya menawarkan paket terpisah. Di Roti Kapiten memberikan empat paket bisnis waralaba sekaligus. Mitra tak hanya mendapatkan makanan khas roti kopi saja, tetapi juga mendapat bisnis roti gembong, donat premium, dan minuman kopi kekinian,” kata Mokhamad Hadi, co-founder Roti Kapiten dalam keterangan pers.

 

Hadi optimistis, bisnis roti bakal bersinar terus. “ Bisnis yang laris manis sebelum bahkan selama pandemi dan masih bertahan salah satunya adalah makanan. Karena itu, bila merasa kesulitan memulai bisnis makanan dari nol, bisa pilih cara waralaba atau franchise yang merupakan kerja sama dalam bidang usaha dengan bagi hasil sesuai kesepakatan,” papar Hadi.

 

Roti Kapiten, lanjut Hadi, menjadi salah satu rekomendasi waralaba yang memberikan banyak keuntungan. “Seperti yang kita ketahui, saat ini ada banyak gerai roti kopi di stasiun maupun bandara. Omset yang didapat dari berbisnis roti semacan itu yang buka di stasiun, di pusat keramaian atau stasiun dan terminal, untungnya bisa mencapai Rp 35 juta untuk satu gerainya. Menggiurkan,” ungkap Hadi.

 

Roti Kapiten selama ini dikenal dan banyak peminatnya di wilayah Yogyakarta dan Banjarmasin. Bisnis roti ini didirikan Mokhamad Hadi bersama Andro selaku executif cheff. Mulanya, mereka berdua berniat membuat bisnis khusus donat dengan segmentasi menengah yang kualitasnya setara dengan J.Co atau Dunkin Donuts.

Setelah melewati pergulatan, akhirnya diputuskan untuk membuat menu baru, yakni roti rasa kopi, roti gembong, dan sajian kopi kekinian. Tambahan menu yang belum banyak tersedia ini sebagai pembeda dengan bisnis donat lainnya.

"Saya cukup kenal lama dengan Andro yang memang jualan donat. Kebetulan saya mampir ke tokonya dan makan donat buatannya. Saya kaget, saya komparasikan donat Andro ini dengan J.Co, rasa dan tekstur benar-benar mirip. Herannya lagi, teman saya ini jual donatnya cuma Rp 4 ribu satu bijinya," papar Mokhamad Hadi.

 

Sejak itu, insting bisnisnya mulai memanggil. Ia memberikan tawaran pada temannya, Indra, untuk mengembangkan usaha donatnya. "Saya challenge dia untuk buat produk pendamping donat yang waktu itu adalah roti kopi, karena saya ingin orang datang ke gerai Roti Kapiten bukan hanya dapat donat saja atau roti kopi saja dan itu belum dimiliki oleh senior-senior kita. Tujuannya, supaya beda dan ada nilai tambah di banding yang sudah ada saja," tambahnya.

 

Latar belakang Mokhamad Hadi merupakan seorang pebisnis yang sudah menangani berbagai bisnis, mulai bisnis konsultan pendidikan, bisnis kesehatan, cafe, dan rumah makan bebek. Tak heran, pertemuannya dengan Indra menggelitik insting bisnisnya kembali.

"Yang menantang dari bisnis roti ini adalah takarannya harus pas. Begitu beda sedikit saja, entah itu air, susu, telur, dan lainnya, akan langsung mengubah rasa dan tekstur. Berbeda dengan bisnis kuliner yang pernah saya pegang sebelumnya," jelas Mokhamad Hadi.

 

Dibantu beberapa teman-teman, berdirilah PT Kapiten Kuliner Nusantara dengan merek Roti Kapiten yang sudah didaftarkan ke kantor HAKI. Saat ini, Roti Kapiten baru memiliki dua gerai dan satu rumah produksi di Yogyakarta serta satu gerai dan satu rumah produksi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

 

“Karena banyaknya permintaan, akhir 2020 ini, Roti Kapiten mulai menawarkan kemitraan peluang bisnis waralaba.Tujuannya, agar bisnis ini bisa jadi solusi bagi masyarakat yang terdampak pandemi. Selain itu juga agar kelezatan Roti Kapiten ini bisa dinikmati hingga ke seluruh dunia,” tegas Hadi.

 

Mulai Rp50 Juta

Menurut Hadi, konsep yang ditawarkan ini sangat cocok untuk semua kalangan, termasuk pemula. Semua channel sales distribusi telah matang dan siap diduplikasikan ke mitra, mulai dari bantuan survey, rekrutmen karyawan, training center, digital marketing, ojek online, dan channel reseller online.

 

Roti Kapiten menawarkan empat paket kemitraan yakni Paket Kios Take Away Rp 50 Juta, Paket Cafe Dine In dan Take Away Rp 150 juta, Paket Kios dan Rumah Produksi Rp 150 juta serta Paket Cafe, dan Rumah Produksi Rp 250 juta. Perbedaannya hanya pada alat yang didapatkan dan sistem pendukungnya.

 

Roti Kopi memiliki dua paket menu andalan yang laris peminat, yakni Paket Es Kopi free 1 Roti Kopi dan 1 Roti Gembong free 1 Roti Kopi, masing-masing seharga Rp 15 ribu saja. “Dua paket ini lebih banyak dipesan oleh pelanggan untuk mengetahui nikmatnya menu Roti Kapiten,” ujar Hadi.

Editor : Mardiana Makmun (nana_makmun@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN