Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Salah satu pekerja di proyek konstruksi. Foto ilustrasi: Dok B1photo

Salah satu pekerja di proyek konstruksi. Foto ilustrasi: Dok B1photo

SDM Konstruksi Harus Siap Hadapi Tahun Kompetisi 2020

Tri Murti, Selasa, 17 Desember 2019 | 13:00 WIB

JAKARTA, investor.id - Sumber daya manusia (SDM) bidang konstruksi serta jajaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) harus benar-benar mempersiapkan diri dalam menghadapi tahun 2020 yang juga disebut sebagai tahun kompetisi.

"Tahun depan adalah tahun kompetisi, kalau ada peralihan dari struktural ke jabatan fungsional harus dihadapi. Harus siap mental dan modalnya," kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) PUPR Lolly Martina Martief dalam pernyataan resminya, Senin (16/12).

Menurut dia, seluruh jajaran Kementerian PUPR harus mempunyai terobosan dan inovasi sesuai tantangan saat ini agar kegiatan-kegiatan dilakukan saat ini dan ke depan sesuai dan bermanfaat bagi Kementerian PUPR serta bermanfaat di tingkat nasional, bahkan sesuai tuntutan global, tidak hanya menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang biasa.

Lolly juga meminta agar dalam penyusunan program 2020, selain harus memperhatikan organisasi yang akan berubah, target juga harus dilaksanakan.

"Kelemahan kita adalah kurangnya perencanaan yang baik. Jangan copy paste dari kegiatan sebelumnya. Tolong proses dan kualitas kegiatan dijaga," katanya.

Saat ini secara global, ujar dia, masyarakat dihadapkan dengan adanya Global Mega Trend 2045, antara lain era revolusi industri 4.0, dengan berkembangnya teknologi big data, artificial intelligence atau internet of things. BPSDM dalam hal ini juga harus mampu mengikuti perkembangan teknologi yang sangat pesat tersebut.

Tantangan berikutnya, adalah salah satu Visi Indonesia 2020-2024, yaitu pembangunan sumber daya manusia (SDM). Setelah infrastruktur, mulai 2019 Kementerian PUPR konsentrasi pada pembangunan SDM, yang dititikberatkan kepada sekolah dan pelatihan vokasional, serta manajemen talenta.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA