Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Kartu Prakerja; IST

Ilustrasi Kartu Prakerja; IST

Semester II, Pemerintah Targetkan Penyaluran Kartu Prakerja untuk 2,8 Juta Peserta

Jumat, 2 Juli 2021 | 18:16 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Pemerintah akan melanjutkan program kartu prakerja  hingga akhir 2021 ini. Upaya ini merupakan salah satu langkah pemerintah merespons Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Untuk semester dua  kami  berharap bisa  tersalurkan Rp 10 triliun lagi untuk 2,8 juta peserta,” ucap Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Konferensi Pers Aspek APBN Terhadap Implementasi PPKM Darurat pada Jumat (2/7).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: IST
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: IST

Catatan Kementerian Keuangan hingga Rabu (30/6) realisasi penyaluran Kartu Prakerja mencapai Rp10 triliun, dan sudah diterima oleh 2,8 peserta. Pada semester 2 2021 penyaluran ditargetkan dengan jumlah yang sama.

Peserta nantinya akan mendapatkan sejumlah manfaat dari program Kartu Prakerja. Seperti manfaat pelatihan sebesar Rp 1 juta, uang cash Rp 600 ribu yang dicairkan untuk empat bulan, dan juga insentif survei sebesar Rp 150 ribu untuk tiga kali survei.

"Total manfaat setiap peserta adalah Rp 3,55 juta, yang didapatkan dalam bentuk pelatihan, uang cash, dan insentif dari mengisi survey," kata Sri Mulyani.

Dia menuturkan program Kartu Prakerja ini merupakan bentuk dukungan APBN dalam merespon kondisi Covid-19 di kala pemberlakuan PPKM darurat. Sejumlah program pemulihan juga dilakukna di tengah pelaksanaan PPKM darurat

"Terutama dalam mengakselerasi, sehingga dana APBN itu betul-betul bisa tersalur pada tepat waktu dan tepat target. Ini yang terus kita berkoordinasi dengan para menteri terkait, tentu juga dengan daerah," pungkasnya.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN