Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Peluncuran toko.sepedamotor.com. (ist)

Peluncuran toko.sepedamotor.com. (ist)

JUAL MOTOR SAMPAI AKSESORIS

Sepeda Motor Indonesia Terjun ke Bisnis E-Commerce

Rabu, 1 September 2021 | 19:51 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – PT Sepeda Motor Indonesia (SMI) merilis platform e-commerce, yakni toko.sepedamotor.com, untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan membeli aksesoris dan bahkan sepeda motor secara daring tanpa ada kekhawatiran. Dengan begitu, Sepeda Motor Indonesia akan menjadi satu-satunya media otomotif roda dua di Tanah Air yang mempunyai e-commerce terintegrasi dengan media otomotif.

Menurut General Manager SMI Andika Pratama, pertumbuhan e-commerce Indonesia nomor satu di dunia. Sementara itu, merujuk data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), sebanyak 6,4 juta unit motor terjual pada 2019 dan 3,6 juta unit pada 2020. Dari jumlah itu, sekitar 5% diprediksi oleh agen pemegang merek (APM) berasal dari penjualan daring via e-commerce dan marketplace.

Dua faktor itu, kata dia, mendorong SMI terjun ke sektor ini. Sepedamotor.com dan toko.sepedamotor.com adalah dua sarana utama SMI yang mempunyai visi menjadi solusi untuk menyelesaikan kebutuhan motor, baik itu baju, suku cadang hingga sepeda motor.

Dia menuturkan, mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) otomotif dan perkembangan kendaraan listrik di Tanah Air juga merupakan perhatian sepedamotor.com saat ini. Mengusung konsep Premium One-Stop Motorcycle Solution, toko.sepedamotor.com memberikan pengalaman berbelanja yang berbeda. Sebab, setiap produk yang dipasarkan telah diulas secara lengkap terlebih dahulu di portal media sepedamotor.com.

Pelanggan, kata dia, juga tidak perlu khawatir dengan kualitas produk yang dijual. Sebab, toko.sepedamotor.com hanya menjual produk dari merek eksklusif, seperti Qooder, Royal Enfield, NIU, Royal Alloy (motor) dan Deus Apparel, Prime Gears Premium Apparel, beserta deretan merek lokal kebanggaan Indonesia, seperti Gesits, Hunter Motorcycles, RSV Helmet, dan lainnya.

Dengan begitu, dia menyatakan, masyarakat Indonesia tidak perlu ribet saat membeli produk otomotif, karena tidak harus pergi ke showroom atau toko. Konsumen bisa melakukan hal itu di rumah lewat laptop atau langsung dari telepon pintar.

Untuk skema pembayaran, dia menuturkan, e-commerce ini akan menghadirkan kemudahan bagi pelanggan lewat kerja sama strategis dengan perusahaan keuangan. Nantinya, sistem pembayaran toko.sepedamotor.com dapat dilakukan melalui dompet digital, transfer bank, kartu kredit, dan kredit cicilan barang hingga lima tahun.

“Ke depan, Sepeda Motor Indonesia akan menyediakan program cicilan sehingga memudahkan pengguna untuk bertransaksi yang mungkin terlalu berat untuk dibayar secara tunai. Harga produk ini nantinya bisa dicicil menjadi pembayaran dengan nominal tertentu yang dibayarkan pada setiap bulannya dalam kurun waktu yang diinginkan,” kata dia, Rabu (1/9/2021).

Pengguna e-commerce ini, kata dia, juga bisa menikmati penawaran menarik dari toko.sepedamotor.com berupa promo gratis ongkir, cashback sebesar 50% dan giveaway merchandise dengan tentunya syarat dan ketentuan berlaku.

“Nantinya kami akan mendirikan toko offline di berbagai daerah di Indonesia, antara lain Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali dan Medan, sehingga kami akan menyediakan pengalaman berbelanja secara offline maupun online ketika berbelanja di toko.sepedamotor.com. Aplikasi mobile untuk OS Android dan iOS Apple sedang kami kembangkan,” kata Andika Pratama.

 

 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN