Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Duta Besar (Dubes) RI untuk Singapura, Suryopratomo. (Foto: BSMH/Primus Dorimulu)

Duta Besar (Dubes) RI untuk Singapura, Suryopratomo. (Foto: BSMH/Primus Dorimulu)

Singapura Buka Pintu Impor Ayam dari Indonesia

Rabu, 6 Juli 2022 | 07:12 WIB
Primus Dorimulu (primus@investor.co.id)

SINGAPURA, investor.id – Pemerintah Singapura akhirnya mengizinkan pasokan daging ayam dari Indonesia setelah Malaysia secara mendadak menghentikan ekspor ayam ke negara tetangga tersebut.

“Singapura sempat dikagetkan ketika Malaysia memutuskan untuk menghentikan ekspor ayamnya ke Singapura karena kita tahu salah satu signature makanan Singapura itu adalah chicken rice,” kata Duta Besar (Dubes) RI untuk Singapura Suryopratomo dalam perbincangan dengan awak media di kediaman resminya di Singapura, Selasa (5/7/2022).

Advertisement

Menurut Suryopratomo, keputusan Singapura ini cukup penting karena selama ini impor produk pangan dari Indonesia sangat terbatas, bahkan sayuran saja sulit untuk masuk. Singapura memang masih mendapatkan pasokan ayam beku dari Brasil, tetapi negara dagang itu tentu juga sangat membutuhkan ayam segar untuk konsumsi warganya.

“Kemarin karena mereka membutuhkan ayam segar dan juga ayam karkas yang lebih bisa cepat dikonsumsi, kemudian Indonesia menawarkan untuk menjadi pemasok,” kata Suryopratomo.

“Kemudian Singapore Authority memeriksa tata kelola peternakan ayam yang ada di Indonesia dan akhir bulan Juni lalu kita mendapat persetujuan untuk diperbolehkan produk ayam dalam bentuk karkas untuk bisa diekspor ke Singapura,” jelasnya.

Dua perusahaan yang beroperasi di Indonesia dan sudah mendapat lampu hijau untuk mengekspor ayam karkas atau sudah dalam daging potongan ke Singapura adalah Charoen Pokphand dan Japfa.

“Kedua perusahaan itu dinilai sesuai dengan standar yang berlaku di Singapura dan diizinkan untuk ekspor (ayam),” kata Suryopratomo.

“Singapura itu kan konsumsi ayamnya 36 kilogram per orang per tahun. Kalau kita ke Singapura makanannya cuma dua: nasi lemak atau Hainan chicken rice,” seloroh mantan jurnalis senior tersebut.


 

Editor : Nurjoni (nurjoni@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN