Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani Indrawati

PESAN TAHUN BARU 2021

Sri Mulyani: Kita Ibarat Lari Sprint dengan Jarak Maraton

Jumat, 1 Januari 2021 | 00:19 WIB
Nasori

JAKARTA, investor.id – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan ucapan ‘selamat tahun baru 2021’ dan pesan ke seluruh jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang ditulis dengan tangan melalui akun media sosialnya, beberapa menit menjelang pergantian tahun. Ia menyebut tahun 2020 sebagai tahun yang luar biasa atau extraordinary.

Menkeu mengungkapkan, sepanjang 2020 Kementerian Keuangan sebagai bendahara negara harus bekerja keras dan cermat membantu rakyat dan ekonomi agar pulih kembali dari kondisi pandemi Covid-19. Kemenkeu pun harus memulihkan kesehatan anggaran pendapatan dan belanja negara atau APBN.

“Ini tugas yang tidak ringan namun mulia dan utama. Perjalanan kita masih panjang, risiko dan dan kesulitan harus kita waspadai dan atasi. Ibarat lari sprint, namun dengan jarak maraton,” tulis Sri Mulyani dalam pesannya sepanjang tiga halaman buku agenda yang fotonya dia unggah di akun media sosial Facebook, Kamis (31/12),  sekitar 45 menit sebelum pergantian tahun.

Sri Mulyani Indrawati
Sri Mulyani Indrawati

Menkeu mengatakan, buku anggaran 2020 telah ditutup, namun ancaman Covid-19 belum berlalu. Ia memastikan APBN menjadi instrumen andalan utama dalam menangani musibah pandemi Covid-19, untuk merawat rakyat yang terpapar, mendukung tenaga kesehatan di garis depan, dan menyiapkan rumah sakit hingga ruang isolasi.

Menurut Sri Mulyani, APBN membantu rakyat yang kehilangan mata pencaharian, terhimpit beban hidup, membantu para murid, mahasiswa, guru, dosen, sekolah, hingga pesantren. Selain itu, APBN ikut meringankan beban usaha kecil dan dunia usaha yang terpuruk.

“APBN bekerja sangat keras menahan resesi dan mendongkrak kembali pemulihan ekonomi. Beban belanja begitu besar dan mendesak, pada saat penerimaan negara menurun dan tertekan," tandas dia.

Sri Mulyani Indrawati
Sri Mulyani Indrawati

Menekeu menyebut tahun 2020 sebagai tahun yang begitu ingin segera ditutup dan lalui, karena terlalu banyak duka dan nestapa, sehingga nyaris membuat lupa bersyukur. "Sebagian kita kehilangan pasangan, anggota keluarga, kawan sekerja. Kita doakan arwah mereka damai di sisi Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT dan mendapat balasan terbaik atas amalan di dunia," ujar dia

Sampai saat ini pun, lanjut dia, masih ada teman dan anggota keluarga yang berjuang melawan Covid-19. “Kita doakan agar mereka segera pulih dan sehat kembali," ucap dia.

Kendati demikian, ia menegaskan, tidak ada kata keluh kesah, lelah, dan menyerah. “Air mata duka, kerisauan, dan ketakutan kita hapus dengan kerja keras, ketegaran, kesabaran, keikhlasan serta keyakinan demi bakti kita untuk Indonesia," papar dia.

Sri Mulyani Indrawati
Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani meyakini tak ada usaha yang sia-sia, tak ada amalan tanpa hasil, tak ada niat, dan tekad tak tercatat. Untuk itu, ia mengajak dalam memasuki tahun 2021 dengan tetap menjaga semangat, keteguhan hati, optimisme, namun tetap rendah hati dan bersyukur.

"Insya Allah kita mampu memenangkan tantangan kemanuasiaan dan keluar sebagai manusia yang lebih baik. Dengan ikhtiar yang ikhlas dan doa kita jalani perjuangan dan waktu bersama, saling menjaga, saling peduli, saling mengingatkan. Tidak ada ada perjuangan sia-sia," tegas dia.


 

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN