Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
KPR BTN untuk pekerja peserta BPJS. Foto ilustrasi: Beritasatu

KPR BTN untuk pekerja peserta BPJS. Foto ilustrasi: Beritasatu

Suku Bunga Tinggi Beratkan Konsumen Cicil Rumah

Rabu, 8 September 2021 | 19:00 WIB
Imam Mudzakir (imam_koran@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Pandemi Covid-19 berdampak kepada masyarakat yang masih melakukan cicilan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Hal ini mendorong konsumen untuk menunggak, ditambah dengan suku bunga KPR naik dan floating.

"Pastinya suku bunga ini memberatkan konsumen yang masih mencicil, apalagi di tengah kondisi pandemi ini," kata  CEO Tatadana Consulting yang juga Financial planner, Tejasari, dalam acara Ngopsor virtual, "Bunga KPR Anda Mulai Mencekik, Apa Solusinya, di Jakarta, Rabu (8/9/2021).

Menurut dia, konsumen masih terpengaruh dengan bunga flat yang ditawarkan oleh perbankan untuk KPR. ketika jangka waktu bunga flat habis, maka dikenakan bunga floating konsumen sangat terasa berat. "Bila menggunakan floating bunga naik turun dan ketika naik terus, itu sebabnya cicilan kita bertambah," kata dia.

Ia juga menyarankan kepada konsumen yang masih mempunyai cicilan untuk mengurangi pengeluaran harian, sehingga bisa melakukan penambahan modal untuk mencicil. "Konsumen mengajukan perubahan periode KPR dan bisa juga melakukan take over KPR," kata Tejasari.

Mortgage Sales Department Head Bank BTN Romeo Daniel MVE mengatakan, Bank BTN siap melakukan Take over kredit perumahan dari bank lain, akibat dampak Covid-19.serta memberikan kemudahan kepada konsumen.

BTN, kata Romeo, sudah bekerjasama dengan 6000 developer dan sampai saat ini sudah 40% menguasai pasar KPR/KPA dan 90 % KPR subsidi. tak heran bila BTN dijadikan sahabat keluarga dalam kepemilikan rumah.

"Kami juga memberikan promo kepada konsumen yang ingin melakukan take over kredit, dengan masa waktu 2-10 tahun," kata dia.

BTN menawarkan promo KPR selama 2 tahun suku bunga fixed sebesar 6,99%, KPR selama 3 tahun fixed 7,89%, lima tahun 8,89% dan 10 tahun dengan bunga fixed 9,89%.

Menurut Romeo, syarat pemindahan KPR dari Bank lain ke BTN adalah pembayaran angsuran lancar dari bank lain selama 1 tahun, memiliki sertifikat dan IMB sudah pecah atas nama Debitur, biaya asuransi jiwa dapat menggunakan bankers clause serta mengisi aplikasi KPR dari BTN.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN