Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Seorang wanita sedang menggunakan platform e-commerce. Foto ilustrasi: PEDRO PARDO / AFP

Seorang wanita sedang menggunakan platform e-commerce. Foto ilustrasi: PEDRO PARDO / AFP

Survei Markplus: 34% Demen Belanja Elektronik di Online Selama Pandemi

Jumat, 5 Maret 2021 | 05:42 WIB
Leonard AL Cahyoputra (leonard.cahyoputra@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Belanja secara online melalui e-Commerce masih menjadi idola masyarakat di tengah pandemi, meskipun aktivitas secara offline berangsur mulai terjadi. Dari berbagai kategori yang tersedia, produk elektronik menjadi salah satu yang banyak diburu oleh masyarakat selama 12 bulan terakhir. Sebanyak 34% konsumen membeli produk elektronik.

Hal ini sesuai dengan hasil survei yang dilakukan oleh MarkPlus, Inc. pada 500 responden di Jabodetabek dengan persentase 66% laki-laki dan 34% perempuan berusia 20 sampai 45 tahun. 10 kategori produk yang paling banyak dibeli adalah produk digital, fesyen, beauty/kecantikan, makanan dan minuman, perlengkapan rumah, gadget, high-end fesyen, elektronik rumah tangga, perlengkapan ibu/bayi/anak-anak serta sports & lifestyle.

Head of High Tech, Property & Consumer Good Industry MarkPlus Inc Rhesa Dwi Prabowo mengatakan, produk digital serta elektronik rumah tangga menjadi salah satu kategori yang banyak dibeli, mengingat aktivitas work from home (WFH) dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi anak sekolah masing berlangsung hingga saat ini.

Sebanyak 34% responden membeli produk gadget di masa pandemi dan pembelian produk elektronik rumah tangga meningkat akibat tren home cooking.

Selain produk digital seperti pulsa, paket data dan token listrik, 34% responden membeli smartphone, tablet dan gadget selama setahun terakhir. 26% membeli produk elektronik rumah tangga seperti oven, microwave, blender dan mixer.

“Mereka juga mulai concern pada aspek originalitas, masyarakat mulai memperhatikan aspek orisinalitas produk elektronik mengingat harga yang dikeluarkan untuk membeli produk tersebut cukup mahal,” ucap dia dalam webinar, Kamis (4/3).

Sehingga, mereka berharap barang elektronik yang dibeli melalui e-commerce berfungsi dengan baik meskipun digunakan dalam kurun waktu cukup lama.

Rhesa menerangkan, masyarakat semakin jeli dalam membeli produk elektronik yang orisinil. Mereka mencari e-commerce yang menawarkan garansi produk, punya reputasi yang baik dan kredibel serta partnership dengan brand atau merchants terpercaya.

“Ini yang membuat brand seperti JD.ID dipercaya sebagai e-commerce untuk membeli produk elektronik yang original,” kata Rhesa.

Berdasarkan hasil survei, top 5 brand e-commerce yang menyediakan produk elektronik, JD.ID dinilai oleh 51% responden sebagai brand e-commerce paling banyak dipilih sebagai channel untuk membeli produk elektronik. Diikuti oleh Tokopedia 50%, Lazada 34%, Shopee 29% dan Blibli sebesar 26%.

“Selain itu, untuk kategori elektronik rumah tangga, JD.ID menjadi brand e-commerce yang paling banyak digunakan untuk membeli produk tersebut,” pungkas dia.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN