Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Suzuki New Carry PIck Up

Suzuki New Carry PIck Up

Suzuki Bidik Pangsa Pasar 13%

Kamis, 4 Maret 2021 | 20:58 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Suzuki Indonesia menargetkan pangsa pasar domestik mencapai 13% tahun ini dari total estimasi pasar sebanyak 750 ribu unit. Tahun lalu, penjualan wholesales mobil Suzuki mencapai 66.130 unit, dengan kenaikan pangsa pasar 2,7% menjadi 12,4%.

Adapun penjualan ritel Suzuki mencapai 72.389 unit, sehingga mampu meningkatkan pangsa pasar sebesar 2,66% menjadi 12,5%. Padahal, penjualan ritel mobil tahun lalu turun 46,6% karena terdampak pandemi Covid-19.

Sementara itu, Suzuki menargetkan ekspor mencapai 66.500 unit baik dalam mobil dalam bentuk terurai (completely knock down/CKD) maupun dalam mobil utuh (completely built up/CBU). Selain itu, jumlah negara tujuan ekspor akan ditambah empat, antara lain Sudan dan Iran.

4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Dony Saputra menegaskan, insentif pajak penjualan barang mewah (PPnBM) 0% bakal berdampak positif terhadap penjualan Suzuki. Ada tiga mobil Suzuki yang menikmati insentif itu, yakni APV, Ertiga, dan XL7.

“Insentif itu akan mendongkrak penjualan Suzuki hingga 20%,” kata dia dalam media gathering virtual Suzuki, Kamis (4/3/2021).

Menurut dia, kontribusi terbesar penjualan Suzuki 2020 berasal dari Carry Pick Up dengan total wholesales 37.109 unit dan ritel 40.697 unit. Alhasil, Carry Pick Up menguasai 59,5% pasar wholesales low pick up dan 61% pasar ritel low pick up. Sementara itu, XL7 menyumbang 12% penjualan nasional Suzuki sebanyak 9.827 unit wholesales dan 8.575 unit ritel. XL7 menguasai 12,1% pasar wholesales LSUV dan 9,6% pasar ritel LSUV.

Sementara itu, Ertiga berkontribusi 13,3% dengan penjualan 7.516 unit wholesales dan 9.663 unit ritel. Di segmen LMPV, Ertiga menguasai 9% pasar wholesales dan 10,6% pasar ritel.

“Peningkatan pangsa pasar mobil Suzuki tahun lalu menunjukkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan Suzuki meningkat,” kata Dony.

Di sisi lain, penjualan wholesales dan ritel sepeda motor Suzuki pada 2020 masing-masing 28.310 unit dan 30.242 unit. Satria F150 menjadi kontributor penjualan tertinggi dengan wholesales 15.356 unit atau sebesar 54,2% dan ritel 15.131 unit atau sebesar 50%.

Kemenangan tim Suzuki Ecstar dan pembalapnya, yaitu Joan Mir dan Alex Rins, pada ajang MotoGP 2020 menjadi euforia tersendiri yang mampu meningkatkan kepercayaan dan kebanggaan konsumen. Hal ini diakui membantu mendorong penjualan sepeda motor Suzuki di Indonesia tahun lalu.

 

Sepanjang 2020, Suzuki meluncurkan beberapa model ke pasar dalam negeri. Di bulan Oktober, Suzuki mengeluarkan varian warna baru untuk beberapa model sekaligus, seperti GSX-R150, Satria F150, Address FI, dan NEX II. Pada November 2020, Suzuki meluncurkan model terbaru, yaitu NEX Crossover, sepeda motor yang merepresentasikan gaya hidup berpetualang.

 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN