Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: IST)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: IST)

Temui Menko PMK, Menhub Lapor Keinginan Operator Gunakan Genose di Penerbangan

Selasa, 23 Februari 2021 | 16:31 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menghadap Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy pada Selasa (23/2/2021). Menhub melaporkan permintaan stakeholders penerbangan terkait penggunaan Genose sebagai alat pemeriksaan Covid-19 bagi calon penumpang pesawat.

"Saat ini teman-teman dari sektor udara menginginkan penggunaan Genose di sektor udara. Oleh karenanya, kami melaporkan kepada Pak Menko tentang rencana itu," kata Menhub Budi dalam konferensi pers bersama Menko PMK Muhadjir Effendy di Jakarta, Selasa (23/2/2021).

Budi mengakui, penggunaan Genose di sektor transportasi udara harus dicermati secara hati-hati sebelum benar-benar diterapkan.

Oleh sebab itu, lanjut dia, penggunaan Genose di sektor kereta api (KA) bisa dijadikan bahan pembelajaran untuk menyusun standar operasi prosedur (SOP) pemakaian Genose di sektor penerbangan. Saat ini, sudah ada delapan stasiun KA yang menyediakan layanan pemeriksaan Genose.

"Untuk diketahui di udara ini ada suatu sistem di mana pelaporan daripada yang dinyatakan positif harus dilaporkan secara sentralistis. Oleh karenanya, saya minta kepada dirjen udara dan teman-teman di sektor udara kalau mau menggunakan ini lakukan dengan baik," jelas Budi.

Muhadjir Effendy. Foto: Investor Daily/ Emral Firdiansyah
Muhadjir Effendy. Foto: Investor Daily/ Emral Firdiansyah

Sementara itu, Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, penggunaan Genose di beberapa stasiun KA direspon sangat positif oleh masyarakat karena lebih mudah, lebih aman, dan tingkat akurasinya cukup tinggi.

"Dan dari pihak peneliti terus melakukan pengembangan dan penyempurnaan atas penemuan Genose ini. Mudah-mudahan untuk ke depan juga akan semakin baik," terang Muhadjir.

Lebih lanjut, Menko PMK menyoroti, agar bagaimana Genose bisa diproduksi lebih masif sejalan dengan penyempurnaan alat sehingga penggunaan Genose bisa lebih di banyak tempat.

"Nanti akan kita upayakan tidak hanya untuk kepentingan perjalananan tapi juga untuk kepentingan yang lain," ucap Menko Muhadjir.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN