Menu
Sign in
@ Contact
Search
(kanan atas, searah jarum jam): Direktur Komunikasi Pemasaran dari Kemenparekraf/Baparekraf RI Martini M Paham; Owner/Pemilik Bio Herbal, salah satu pelaku UMKM di TikTok, Arbert; Kreator TikTok Natasha Surya; Owner Oktaviana Tas Grosir Regi dan Head of SMB TikTok Indonesia Pandu Nitiseputro sebagai narasumber dalam konferensi pers Maju Bareng TikTok. ( Foto: Istimewa )

(kanan atas, searah jarum jam): Direktur Komunikasi Pemasaran dari Kemenparekraf/Baparekraf RI Martini M Paham; Owner/Pemilik Bio Herbal, salah satu pelaku UMKM di TikTok, Arbert; Kreator TikTok Natasha Surya; Owner Oktaviana Tas Grosir Regi dan Head of SMB TikTok Indonesia Pandu Nitiseputro sebagai narasumber dalam konferensi pers Maju Bareng TikTok. ( Foto: Istimewa )

TikTok Dorong Digitalisasi UMKM Lokal

Minggu, 14 Agustus 2022 | 23:59 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Platform digital, TikTok mendorong percepatan digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dengan melanjutkan program #MajuBarengTikTok yang diluncurkan bertepatan dengan Hari UMKM Nasional pada 12 Agustus 2022.

Sebagai bagian dari kampanye #SerunyaIndonesia yang diluncurkan beberapa waktu lalu, #MajuBarengTikTok kali ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI guna terus memberdayakan UMKM lokal melalui program edukasi selama hampir satu tahun, yang akan mengasah keterampilan digital dan pemanfaatan ekosistem TikTok, untuk membantu UMKM maju dan tumbuh bersama TikTok.

Baca Juga: TikTok Shop For Your Fashion Dukung Pertumbuhan dan Kemajuan Merek Fesyen Lokal

Program #MajuBarengTikTok tersebut sejalan dengan salah satu prioritas pemerintah untuk membawa 30 juta pelaku UMKM ke platform lokapasar pada tahun 2023 mendatang. Direktur Komunikasi Pemasaran di Kemenparekraf/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) RI, Martini M Paham, mengatakan bahwa di era digital, para pelaku UMKM diharapkan bukan hanya masuk ke platform digital, tapi juga bisa aktif memanfaatkan kekuatan yang ditawarkan platform digital.

“Hal ini sejalan dengan salah satu pilar yang kami usung, yaitu Gaspol atau garap semua potensi online. Program pelatihan selama hampir satu tahun yang disajikan di #MajuBarengTikTok diharapkan dapat membekali para UMKM dengan kemampuan, dan keterampilan digital untuk memaksimalkan potensi online dari ekosistem TikTok,” ujar dia dalam keterangannya.

Baca Juga: Survei TikTok: Unsur Hiburan dapat Menyukseskan Strategi Pemasaran Merek

Sebagai informasi, program #MajuBarengTikTok bertujuan agar UMKM dapat memanfaatkan teknologi digital dalam mengembangkan bisnisnya dan akan berlangsung sepanjang tahun. Program ini akan dibagi ke dalam berbagai periode, serta tersedia dalam format online dan offline di berbagai kota di Indonesia agar memiliki cakupan nasional.

Ada pun topik yang akan dibagikan di program tahun ini meliputi tiga fokus, yaitu TikTok LIVE dan kolaborasi bersama kreator, TikTok Shop untuk mengembangkan performa penjualan, serta TikTok For Business untuk membantu UMKM menjangkau target audiens melalui strategi pemasaran dan cara beriklan tepat guna di TikTok. Pendaftaran program #MajuBarengTikTok resmi dibuka pada 12 Agustus serta dapat diikuti oleh UMKM di Indonesia secara gratis, dan kelas pertama #MajuBarengTikTok akan dimulai pada September 2022.

Baca Juga: Pemerintah Dorong Transformasi Digital UMKM

Salah satu pelaku UMKM juga Pemilik/Owner Bio Herbal, Arbert mengaku mengalami peningkatan dalam bisnisnya hingga 70% sejak pertama bergabung di TikTok pada 2021.

“Pertama kenal TikTok pada saat 2021. Saat itu kondisi Covid-19 masih marak dan dengan keadaan ekonomi masih lesu terutama untuk pelaku UMKM. Saat itu saya bergabung dalam program training #MajuBarengTikTok yang membantu saya mengunakan platform digital TikTok untuk mengembangkan bisnis. Berbagai tips yang diberikan dari program ini membantu saya memanfaatkan fitur-fitur TikTok, yang akhirnya memudahkan saya sebagai brand UMKM dalam menampilkan image produk di suatu platform digital,” kata Arbert.

Dia menambahkan bahwa berkat TikTok, timnya yang berawal dari 10 orang, kini bertambah mencapai 40 orang. Ia pun berkesempatan membuat dua brand baru.

“Saya sangat senang program #MajuBarengTikTok kembali hadir di tahun ini, sehingga para pelaku UMKM bisa mendapat pengetahuan baru dan manfaat nyata yang saya rasakan, serta bisa membuat dunia usaha Indonesia semakin maju,” tuturnya.

Baca Juga: ESB Luncurkan Kampanye Saling Bantu untuk UMKM Kuliner

Menurut Head of SMB TikTok Indonesia Pandu Nitiseputro, program #MajuBarengTikTok dirancang membantu pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan sumber daya dari ekosistem TikTok untuk mengembangkan usahanya secara optimal, mulai dari TikTok LIVE, TikTok Shop, hingga TikTok For Business.

“Kami mengapresiasi dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh Kemenparekraf untuk bersama-sama memberdayakan UMKM lokal melalui program penyuluhan terpadu ini. Sebagai salah satu kekuatan ekonomi di negeri, berdayanya UMKM Indonesia juga dapat membantu Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat memasuki masa endemi,” ungkap Pandu.

Selain program #MajuBarengTikTok, TikTok juga menyelenggarakan program TikTok Shop Seller Conference kedua pada Hari UMKM Nasional. Di samping menyediakan materi dan penyuluhan terkait TikTok Shop untuk para seller, acara tersebut juga menyediakan kesempatan bagi para seller, kreator serta pengguna untuk bertemu dan berkolaborasi dalam bisnisnya di TikTok Shop. Kedua program ini menjadi bagian dari kampanye #SerunyaIndonesia dalam rangka merayakan HUT RI ke-77 untuk membantu Indonesia pulih dan bangkit lebih cepat.


 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com