Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Agung Firman Sampurna

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Agung Firman Sampurna

Tingkatkan Kualitas Auditor Negara, BPK Dirikan BPK Corporate University

Kamis, 8 April 2021 | 16:25 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) meresmikan  BPK Corporate University (Corpu) sebagai upaya untuk mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Keberadaan BPK Corpu ini diharapkan dapat menjadi center of knowledge dalam mewujudkan tata kelola keuangan negara yang berkualitas dan bermanfaat untuk mencapai tujuan negara.

Ketua BPK Agung Firman Sampurna mengatakan  sebagai organisasi pembelajar BPK perlu merespon perkembangan  teknologi informasi khususnya dikaitkan dengan upaya untuk menjawab berbagai kebutuhan internal organisasi, salah satu diantaranya adalah pengembangan sumber daya manusia. Di samping itu juga dapat menjadi media bagi BPK untuk meningkatkan kualitas pemeriksaan keuangan negara

“Arah pengembangan sumber daya manusia utamanya diarahkan untuk peningkatan kompetensi pelaksana BPK  khususnya terkait dengan kompetensi dalam bidang pemeriksaan atau audit dan komunikasi audit,” ucap Agung dalam acara peresmian BPK Corpu pada Kamis (8/4).

Agung mengatakan  dengan beban tugas (workload) dan risiko yang sangat tinggi intensitas kegiatan pemerintahan yang dikerjakan oleh BPK sangat tinggi sepanjang tahun. Baik dalam bentuk pemerintahan atas laporan keuangan sebagai bagian dari tugas mandatory, pemeriksaan kinerja, maupun pemeriksaan dengan tujuan tertentu termasuk pemeriksaan investigasi untuk mendukung penegakan hukum. Menurut  Agung pemenuhan formasi BPK saat ini yang  masih jauh dari kebutuhan idealnya maka meskipun  peningkatan kompentensi di satu sisi menjadi kebutuhan organisasi namun di sisi lain prosesnya bertendensi  mengurangi kapasitas organisasi untuk melaksanakan visinya.

“Tidak jarang kita dengar bahwa di saat tugas pemeriksaan BPK  pada saat yang sama dilakukan kegiatan diklat yang tentu akan mengganggu proses pemeriksaan. Dibutuhkan inovasi sehingga upaya peningkatan kompetensi dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi di satu sisi tidak mengurangi kapasitas organisasi dalam menjalankan perannya di sisi yang lain,” ucap Agung.

Kemampuan organisasi seperti BPK untuk senantiasa memperbarui pengetahuan menjadi salah satu cara untuk mampu bertahan dalam era disrupsi sebagai dampak dari perkembangan teknologi informasi. Konsep tersebut mendorong terbentuknya gerakan organisasi pembelajar yaitu organisasi yang dapat mengembangkan kemampuannya untuk senantiasa menyesuaikan diri dan merespon kebutuhan organisasi khususnya dalam upaya pengembangan sumber daya manusia, khususnya terkait dengan kompetensi dalam pemeriksaan/audit dan komunikasi audit.

Pola pembelajaran diselaraskan antara apa yang dipelajari dalam pelatihan dengan apa yang dibutuhkan oleh organisasi, program pelatihan difokuskan memberikan peningkatan kinerja organisasi secara nyata, dan partisipasi peserta pembelajaran dikembangkan dengan menerapkan metode pembelajaran melalui pola penugasan dan pembimbingan dengan lebih flexible dan accessible.

BPK telah merumuskan Visi BPK Corpu yaitu “Menjadi corporate university kelas dunia melalui pendidikan dan pengembangan pemeriksa keuangan negara yang kompeten dan profesional”. BPK Corpu dapat dipahami sebagai sistem pembelajaran yang memiliki learning focus dimana kurikulum, silabus, dan bahan ajar disusun berdasarkan masalah kinerja yang dihadapi oleh individu dan organisasi dalam mendukung tujuan organisasi. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN