Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tol Jakarta-Cikampek II Elevated diresmikan Presiden Jko Widodo pada Kamis (12/12).  Sumber: handout

Tol Jakarta-Cikampek II Elevated diresmikan Presiden Jko Widodo pada Kamis (12/12). Sumber: handout

BERNILAI RP 16,3 T

Tol Jakarta-Cikampek II Elevated Diharapkan Atasi Kemacetan

Novy Lumanauw, Kamis, 12 Desember 2019 | 14:52 WIB

KARAWANG, investor.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated di Karawang, Jawa Barat, pada Kamis (12/12). Diyakini, beroperasinya ruas tol itu dapat mengurangi kemacetan hingga 30%.

Alhamdulillah, pembangunan jalan tol Jakarta- Cikampek II Elevated sudah rampung dan segera bisa kita manfaatkan,” kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, selama ini banyak keluhan yang disampaikan kepadanya terkait kemacetan di sepanjang jalur Cikampek-Jakarta maupun sebaliknya.

“Macetnya bisa berjam-jam dan kita harapkan dengan selesainya tol Jakarta-Cikampek II Elevated, persoalan itu sudah tidak kita dengar lagi,” katanya.

Tol Jakarta-Cikampek Elevated II merupakan jalan tol layang terpanjang di Indonesia. Ruas tol yang membentang sepanjang 36,4 kilometer, nilai investasinya mencapai Rp 16,3 triliun.

Presiden Joko Widodo. Foto: IST
Presiden Joko Widodo. Foto: IST

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi memberikan apresiasi kepada PT Waskita Karya Persero Tbk selaku kontraktor pembangunan jalan tol. Diakuinya, proses pembangunan jalan tol Jakarta-Cikampek II Elevated sangat rumit.

Ditambah lagi, jalan yang ada tetap harus dibuka dan di dekatnya ada pembangunan LRT dan pembangunan kereta cepat.

“Bukan sesuatu yang gampang diselesaikan. Karena berada di tengah lalu lintas yang padat. Ada 200 ribu kendaraan lalu lalang setiap hari. Alhamdulillah semua lancar dan kita harap ini bisa mengurai kemacetan yang sering dirasakan masyarakat, selama berjam-jam terjebak kemacetan, sekarang bisa dihindari dan kita harapkan kamecatan di jalur ini bisa berkurang 30%. Ini bisa mengirit BBM,” katanya.

Jalan tol Jakarta-Cikampek II Elevated berada tepat di sebagian ruas tol Jakarta-Cikampek eksisting, membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat (Sta 9+500 sampai dengan Sta 47+500).

Kendaraan tujuan jarak pendek akan menggunakan Tol Japek, sementara kendaraan tujuan jarak jauh terutama golongan I dan II menggunakan Jakarta-Cikampek II Elevated. Pengusahaannya dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) yang merupakan anak usaha dari PT. Jasa Marga.

Proyek pembangunan Jakarta-Cikampek II Elevated dikerjakan oleh kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk bersama PT Acset Indonusa Tbk (Kerja Sama Operasi) dengan biaya konstruksi sebesar Rp 11,69 triliun. Jalan tol ini memiliki 9 Zona Konstruksi yakni, Zona I Cikunir – Bekasi Barat sepanjang 2,94 km, Zona II Bekasi Barat – Bekasi Timur sepanjang 3,42 km, Zona III Bekasi Timur – Tambun sepanjang 4,40 km, Zona IV Tambun – Cibitung sepanjang 3,30 km, Zona V Cibitung – Cikarang Utama sepanjang 4,66 km, Zona VI Cikarang Utama – Cikarang Barat sepanjang 1,96 km, Zona VII Cikarang Barat – Cibatu sepanjang 3,11 km, Zona VIII Cibatu – Cikarang Timur sepanjang 3,00 km, dan Zona IX Cikarang Timur – Karawang Barat sepanjang 9,58 km.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA