Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi jalan tol. Foto: Ist

Ilustrasi jalan tol. Foto: Ist

Tol Kunciran-Serpong Perlancar Konektivitas Jakarta-Banten

Thresa Sandra Desfika, Jumat, 6 Desember 2019 | 19:19 WIB

TANGERANG SELATAN, investor.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Kunciran-Serpong pada Jumat (6/12). Dengan adanya jalan tol tersebut diharapkan memperlancar konektivitas antara Jakarta dan Banten sebagai wilayah penyangga Ibu Kota.

Acara peresmian dilakukan di Gerbang Tol Parigi Jalan Tol Kunciran-Serpong. Turut hadir dalam acara peresmian tol tersebut, antara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadilmuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Presiden menekankan, pembangunan Jalan Tol Kunciran-Serpong sepanjang 11,2 kilometer (km) sudah selesai dan siap digunakan. Adanya tol ini dapat mempersingkat waktu tempuh antara Banten dan Jakarta.

"Banyak yang bertanya pada saya, 'Pak Presiden kenapa kita perlu membangun jalan tol ini?' Saya jawab yang pertama jalan tol ini akan mempercepat dan memperlancar konektivitas Banten ke Jakarta. Saya sering mendengar keluhan orang-orang yang bolak-balik dari Banten Jakarta, katanya 'Pak, kita ini bisa tua di jalan karena macet," kata Presiden dalam sambutannya di acara peresmian Tol Kunciran-Serpong.

Menurut Kepala Negara, adanya kemacetan itu tentu sangat merugikan, baik dari sisi waktu yang terbuang percuma di jalan hingga pemborosan bahan bakar minyak (BBM).

"Kerugiannya besar sekali, baik dari sisi waktu yang terbuang di jalan yang menyebabkan daya saing kita akan semakin tergerus serta akan semakin banyak biaya yang kita keluarkan untuk biaya BBM. Di era persaingan antarnegara yang semakin sengit kecepatan akan sangat menentukan. Yang cepat akan mengalahkan yang lambat," terang Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden menyampaikan, dengan selesainya Jalan Tol Kunciran-Serpong, maka kawasan-kawasan industri yang ada di Jakarta dan Banten akan semakin terintegrasi sehingga distribusi logistik akan lebih mudah dan lebih lancar, terutama distribusi barang yang melalui Pelabuhan Merak.

"Jadi jalan tol akan menyambungkan antara sentra-sentra produksi dengan sentra-sentra distribusi. Semakin tersambung maka akan semakin efisien, yang artinya daya saing kita akan semakin baik dalam investasi maupun daya saing produk akan semakin meningkat," imbuh Presiden Jokowi.

Selain itu, sebut Presiden, Jalan Tol Kunciran-Serpong bisa mempercepat gerak perekonomian Banten sebagai wilayah penyangga Ibu Kota Jakarta. Kejenuhan investasi di Jakarta bisa dikembangkan ke Banten karena konektivitas Jakarta-Banten semakin tersambung.

"Dengan demikian perekonomian Banten bisa bergerak lebih cepat lagi dan menciptakan lapangan kerja yang lebih banyak lagi," papar Kepala Negara.

   

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA