Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tol Manado-Bitung. Sumber: PUPR

Tol Manado-Bitung. Sumber: PUPR

Tol Manado-Bitung Beroperasi Tanpa Tarif Mulai Besok Malam

Selasa, 29 September 2020 | 22:54 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Setelah diresmikan Presiden Joko Widodo, Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 Km akan beroperasi tanpa tarif selama dua pekan ke depan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan masyarakat kini sudah bisa memanfaatkan Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowadudu secara gratis dalam waktu dua minggu. Meski demikian, ia mengingatkan agar masyarakat tetap mengedepankan unsur keselamatan.

‘’Karena biasanya setelah jalan tol diresmikan ada euforia. Ini yang berbahaya," kata Basuki seusai hadir dalam peresmian tol tersebut, Selasa (29/9).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto: PUPR
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto: PUPR

Mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang jalan tol, Pasal 67 menyebutkan bahwa pemberlakuan tarif tol ditetapkan bersamaan dengan penetapan pengoperasian jalan tol. Namun, menurut Basuki, sosialisasi selama dua minggu diperlukan untuk menyiapkan perilaku berkendara masyarakat.

Sejalan dengan Menteri PUPR, Direktur Utama PT Jasamarga Manado-Bitung (JMB) George IMP Manurung juga menyampaikan bahwa untuk sementara waktu jalan tol ini dioperasikan tanpa tarif sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat. Meski tanpa tarif, pengguna jalan harus tetap menyiapkan uang elektronik sebelum memasuki Gerbang Tol (GT).

Lebih lanjut, ia juga menginformasikan bahwa Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Danowudu dioperasikan secara bertahap. Masyarakat mulai bisa menggunakan jalan tol ini pada Rabu (30/9) pukul 09.00 WITA dari Manado hingga Kauditan sepanjang 20,50 Km.

Sebab, saat ini PT JMB masih melakukan penyempurnaan fisik konstruksi terutama di akses Danowudu untuk keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

Biarpun begitu George mengupayakan, Sabtu (3/10) pukul 09.00 WITA, sekitar 6 Km lanjutan dari Kauditan hingga Danowudu akan dapat digunakan masyarakat. Sehingga Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu dapat beroperasi penuh.

“Kami melihat masyarakat Manado dan sekitarnya antusias menantikan kehadiran tol ini. Salah satu faktor utama karena tol ini akan memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung menjadi setengah jam. Saya berharap hadirnya tol ini bisa menurunkan biaya logistik dan mendukung pengembangan kawasan industri serta pariwisata di Manado dan sekitarnya,” tambahnya.

Secara keseluruhan, total panjang Jalan Tol Manado-Bitung adalah 39 Km. Dibangun dengan konsep Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU), jalan tol ini terdiri dari dua seksi. Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang (14 Km) dibangun Pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung (25 Km) dibangun PT JMB.

Total investasi jalan Tol Manado-Bitung yang dibangun sejak tahun 2017 ini mencapai Rp4,95 Triliun dengan masa konsesi selama 40 tahun. Sedangkan konstruksi Seksi 2B Danowudu-Bitung diperkirakan rampung pada Juni 2021 untuk mengurangi beban jalan arteri nasional yang semakin padat akibat pertumbuhan jumlah kendaraan dan aktivitas perekonomian.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN