Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Toyota, akan memanjakan para atlet Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 dengan mobil Toyota  e-Palette versi Tokyo 2020.

Toyota, akan memanjakan para atlet Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 dengan mobil Toyota e-Palette versi Tokyo 2020.

Toyota e-Palette akan Manjakan Atlet Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020

Rabu, 23 Oktober 2019 | 07:49 WIB
Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

TOKYO, Investor.id - Pabrikan mobil terbesar di dunia, Toyota, akan memanjakan para atlet Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 dengan mobil Toyota e-Palette versi Tokyo 2020. Toyota akan memasok sedikitnya 20 unit kendaraan canggih tersebut bagi kegiatan olimpiade dan paralimpiade di Tokyo, Jepang, tahun depan.

"Kendaraan ini dirancang khusus untuk mendukung mobilitas atlet pada Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020," ujar Takahiro Muta, pemimpin proyek pengembangan kendaraan Toyota versi unik e-Palette Tokyo 2020, pada presentasi menjelang pembukaan Tokyo Motor Show (TMS) 2019 di Tokyo, Selasa (22/10).

Takahiro Muta mengungkapkan, e-Palette versi Tokyo 2020 bakal menyediakan berbagai fasilitas otomatis dan jaringan transportasi bagi para atlet dan staf kontingen serta panitia di perkampungan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

"Kendaraan otomatis berbasis baterai listrik telah diadaptasi dan dikalibrasi secara khusus untuk digunakan selama pertandingan. Ini untuk merespons sebagian kebutuhan mobilitas mereka," tutur dia.

Menurut Takahiro Muta, sepanjang proses pengembangan, para atlet, terutama atlet paralimpiade, membantu Toyota lebih memahami bagaimana beradaptasi dan meningkatkan e-Palette untuk memenuhi kebutuhan mobilitas yang sederhana, nyaman, dan aman.

"Kami bangga dapat bekerja dengan mereka pada kendaraan yang tidak hanya akan memindahkan atlet secara fisik di seluruh perkampungan Olimpiade dan Paralimpiade 2020, tetapi juga akan memberi mereka kesempatan baru untuk berinteraksi dengan orang lain, berbagi pengalaman baru, dan dipindahkan secara emosional," papar dia.

Pertama kali diumumkan pada 2018, kata Takahiro Muta, e-Palette adalah kendaraan pertama Toyota yang dikembangkan khusus untuk mobilitas otonom sebagai aplikasi layanan.

Toyota, akan memanjakan para atlet Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 dengan mobil Toyota e-Palette versi Tokyo 2020.
Toyota, akan memanjakan para atlet Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 dengan mobil Toyota e-Palette versi Tokyo 2020.

e-Palette sekaligus mencerminkan transisi berkelanjutan Toyota ke perusahaan mobilitas dan menggabungkan elektrifikasi, jaringan yang terhubung, serta teknologi penggerak canggih untuk mendukung bisnis mobilitas bersama dan model bisnis baru.

Takahiro Muta menjelaskan, e-Palette versi Tokyo 2020 telah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan khusus di perkampungan Olimpiade dan Paralimpiade. Kendaraan tersebut di antaranya dilengkapi pintu besar dan landai otomatis untuk memungkinkan kelompok atlet, terutama atlet paralimpiade, naik secara cepat, mudah, nyaman, dan aman.

Kendaraan tersebut akan dikendalikan sistem penggerak otomatis yang mampu beroperasi hingga kecepatan 20 km per jam. "Menghadirkan e-Palette untuk mendukung mobilitas atlet dan staf adalah elemen kunci dari program Toyota guna memberikan solusi mobilitas canggih bagi penyelenggaraan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020," papar dia.

Dia menegaskan, Toyota e-Palette dirancang untuk mobilitas yang nyaman. Itu sebabnya, bagian depan dan belakang kendaraan ini didesain secara simetris, dengan bentuk kubus yang khas dan keempat roda membentuk sudut. "Kendaraan ini menawarkan ruang interior yang luas dan nyaman," tegas dia.

 

Mobil untuk Semua

Takahiro Muta mengemukakan, e-Palette mencerminkan komitmen Toyota untuk menyediakan 'mobil untuk semua'. Karena itu, pegangan tangan dan kursi pada kendaraan tersebut mudah digunakan tanpa terpengaruh ketinggian.

Selain itu, e-Palette dilengkapi lantai, trim, tempat duduk, dan komponen lainnya dengan kontras warna yang membantu penyandang buta warna. "e-Palette juga memungkinkan penumpang masuk atau keluar secara cepat dan mudah," ucap dia.

Untuk memberikan kemudahan maksimal, kendaraan ini didukung paket elektronik lengkap, dengan pintu geser besar, lantai landai, dan sistem kontrol kedatangan.

"Fasilitas ini disediakan agar saat mendekati tujuan, penumpang, termasuk mereka yang menggunakan kursi roda, dapat masuk dan keluar secara cepat dan mudah," ujar dia.

Takahiro Muta menambahkan, dengan jarak sumbu roda yang panjang dan lantai yang rata, kendaraan dapat mengangkut hingga empat penumpang dengan kursi roda secara bersamaan. Itu belum termasuk penumpang tambahan yang berdiri sekaligus.

Dia menegaskan, dari sisi keamanan, e-Palette sangat aman karena beroperasi secara otomatis dengan kecepatan rendah. e-Palette dilengkapi sistem mengemudi otomatis yang dirancang khusus, di antaranya mencakup kontrol perangkat keras, perangkat lunak, dan sensor canggih, seperti kamera dan LiDAR.

Guna mendukung operasi yang aman, menurut Takahiro Muta, e-Palette dirancang untuk membantu komunikasi dengan orang-orang di sekitar kendaraan, termasuk pejalan kaki, selama berkendara secara otomatis. "Lampu depan dan belakang, misalnya, meniru kontak mata untuk memberi tahu pejalan kaki mengenai laju kendaraan," ucap dia.

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN