Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gedung Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung.

Gedung Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung.

SIAP JADI RUJUKAN PENGEMBANGAN TECHNOPRENEURSHIP

UM Bandung Ingin Cetak Sejuta Entrepreneur

Kamis, 24 September 2020 | 16:43 WIB
Nasori

JAKARTA, investor.id – Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) ingin mencetak sejuta entrepreneur atau pengusaha yang mampu menjawab persoalan zaman seperti lapangan pekerjaan yang terbatas maupun pemahaman dan minat terhadap dunia wirausaha yang masih rendah. Keinginan ini akan direalisasikan melalui formulasi technoprenuership yang telah dikembangkan oleh universitas.

Technoprenuership, penggabungan dari technology dan entrepreneurship, yang dikembangkan (oleh UM Bandung) ini mencoba menjawab dan memberikan alternatif untuk mengatasi ketimpangan antara pertumbuhan usia produktif dengan ketersediaan lapangan pekerjaan,” tulis UM Bandung dalam keterangannya yang diterima Investor Daily pada Kamis (24/9/2021).

Target untuk mencetak sejuta entrepreneur itu telah ditetapkan sebagai visi Rektor Universitas Muhammadiyah Bandung Prof Dr Suyatno Mpd yang juga menjabat sebagai bendahara umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah periode 2015-2020. Visi ini dilatarbelangi oleh tekad ingin mencetak generasi–generasi milenial yang memiliki kemandirian, termasuk kemandirian secara ekonomi.

Sementara itu, dengan misi lebih mengedepankan pentingnya teknologi dalam pengembangan entrepreneur, universitas ini berharap mampu melahirkan technopreneurship tangguh di Indonesia. Selanjutnya dengan konsep Lembaga Islamic Technopreneur dan Sociopreneur University (LisTens), UM Bandung ingin menjadi rujukan dan barometer dalam pengembangan pendidikan kewirausahaan di Indonesia, bahkan dunia.

Melalui sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, UM Bandung berkeyakinan bisa berkontribusi dalam pemecahan masalah lapangan pekerjaan yang terbatas maupun pemahaman dan minat terhadap dunia wirausaha yang masih rendah.

UM Bandung mengaku, selama ini pihaknya telah berusaha memformulasikan deskripsi, kajian, dan proses bisnis entrepreneur dengan menggunakan basis teknologi (technopreneurship). Sementara dari sisi perspektif pendidikan, universitas ini memiliki nilai jual (selling point) berupa pusat inkubasi yang menggodog mahasiswanya ber-entrepreneur melalui penggunaan teknologi.

Dengan mempergunakan sudut pandang yang lebih komprehensif dan holistik, UM Bandung juga telah mengedukasi siswa didik sebagai calon entrepreneur yang well educated. “Ini dilakukan melalui gemblengan motivasi, kompetensi manajerial, kesiapan ketenagakerjaan dengan mentransformasikannya melalui ilmu pengembangan kewirausahaan berbasis teknologi sebagai dasar berwirausaha,” tulis UM Bandung.

 

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN