Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Layanan TokoMart  di platform Tokopedia. (IST)

Layanan TokoMart di platform Tokopedia. (IST)

UMKM Wajib Tahu Tren dan Peluang Bisnis 2021

Sabtu, 6 Maret 2021 | 15:22 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

Jakarta – Untuk bertahan di masa pandemi ini, UMKM dituntut untuk selalu kreatif dan mampu membaca tren yang akan terjadi di pasar. Unuk itu Tokopedia membagikan tren dan peluang bisnis 2021 yang wajib UMKM ketahui. Apa saja?

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan, pandemi Covid-19 mendorong kemunculan lebih banyak UMKM di Indonesia. Pihaknya mencatatkan peningkatan jumlah penjual di platform-nya dari yang semula 7,2 juta pada Januari 2020 menjadi lebih dari 10 juta saat ini. Untuk itu, Tokopedia berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan hingga menciptakan peluang melalui pemanfaatan teknologi.

“Dalam membangun bisnis, khususnya di tengah pandemi, memahami tren pasar merupakan hal yang sangat penting,” ungkapnya dalam keterangan pers diterima Sabtu (6/3).

Untuk itu, lanjut dia, Tokopedia membagikan beberapa temuan menarik terkait tren penjualan produk yang dapat menjadi inspirasi bisnis bagi masyarakat. Pertama adalah makanan dan minuman. Kategori ini menjadi salah satu kategori yang paling populer di Tokopedia menjelang akhir 2020 dengan peningkatan transaksi mencapai lebih dari 3x lipat.

Menjual produk yang paling banyak dicari masyarakat dapat menjadi strategi yang baik dalam memulai usaha. Beberapa produk makanan dan minuman yang paling dicari masyarakat belakangan ini antara lain madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik dan beras.

“Berjualan makanan siap masak juga dapat dijadikan peluang usaha saat ini. Melihat adanya peningkatan penjualan makanan siap masak di Tokopedia menjadi lebih dari 3,5x lipat di akhir 2020,” tambah Ekhel.

Kedua, Ekhel menyebutkan pandemi mendorong terciptanya tren dan peluang baru, termasuk di bidang kecantikan dan perawatan tubuh. Tokopedia mencatatkan adanya peningkatan transaksi pada kategori Kecantikan mencapai hampir 2x lipat menjelang akhir 2020.

Gentle Hour, salah satu pegiat usaha lokal di kategori Kecantikan Tokopedia yang memulai bisnisnya di tengah pandemi, turut mencatat kenaikan transaksi hingga 13x lipat dan berhasil menjangkau pelanggan bahkan hingga ke Papua.

Sedangkan ketiga adalah tanaman dan Alat Berkebun. Ia menjelaskan berkebun menjadi salah satu hobi yang banyak digemari masyarakat sepanjang pandemi. Adanya kenaikan transaksi lebih dari 4x lipat pada sub kategori Taman sepanjang 2020 jika dibandingkan 2019 di Tokopedia, dapat menjadi inspirasi usaha di 2021.

Keempat, menjual beragam produk yang mendukung hobi olahraga populer juga dapat dipertimbangkan menjadi ide usaha. Ekhel menambahkan beberapa olahraga yang digemari selama 2020 berdasarkan pembelian di Tokopedia yaitu bersepeda, fitness, memancing, mendaki dan berkemah, serta sepakbola atau futsal.

Terakhir, Ekhel menyebutkan di tengah pandemi, melukis menjadi salah satu hobi yang digemari masyarakat, contohnya aktivitas paint by numbers. Hal ini terlihat dari kenaikan jumlah penjualan produk-produk seperti perlengkapan melukis pada sub kategori Office & Stationery di Tokopedia yang mencapai hampir 2x lipat selama 2020. “Ini juga bisa jadi peluang usaha,” tutup Ekhel.


 

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN