Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kampus UPH

Kampus UPH

UPH Raih Penghargaan Inovasi Global

Harso Kurniawan, Jumat, 17 Januari 2020 | 16:34 WIB

JAKARTA, investor.id – Universitas Pelita Harapan (UPH) memperoleh penghargaan sebagai pemenang regional Asia dalam kontestasi Global Innovation Award 2019 yang digelar dalam skala internasional. Penghargaan ini secara khusus ditujukan kepada Stella Stefany, perwakilan yang ditunjuk oleh UPH selaku ketua Program Studi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Ilmu Komunikasi.

Stella adalah implementator penggunaan Turnitin dalam proses pembelajaran akademik. UPH menjadi satu-satunya institusi pendidikan tinggi yang menggunakan software Turnitin secara massal.

Pengumuman Global Innovation Awards 2019 diterima UPH pada 8 Januari 2020, dari Turnitin, layanan deteksi plagiarism komersial Amerika berbasis Internet. Global Innovation Awards 2019 merupakan ajang kompetisi bergengsi untuk memberi pengakuan kepada institusi dan tenaga pengajar yang telah membantu mahasiswanya untuk mencapai luaran yang terbaik dan orisinal.

Stella menegaskan, pemenang kompetisi ini merupakan orang yang mewakili institusi terpilih yang telah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran, dan mendukung strategi Institusi.

Tahun ini, kata dia, penghargaan ini diberikan kepada 10 institusi dan individu yang mengupayakan orisinalitas karya– karya ilmiah para pelajar di seluruh dunia. UPH mewakili institusi pendidikan di Asia, yang secara teknis telah menggunakan software Turnitin sebagai fitur tambahan pada Learning Management System (LMS).

Dimulai sejak Januari 2019, kata Stella, secara aktif UPH menerapkan Turnitin dalam proses pembimbingan tugas akhir, skripsi, tesis, dan disertasi.

Secara khusus, software Turnitin diterapkan dalam proses pembelajaran program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) atau online learning, untuk menjaga kualitas pembelajaran dan lulusan.

Manfaat dari penerapan software Turnitin, kata dia, sangat dirasakan oleh dosen maupun mahasiswa. Secara signifikan, software ini mampu meningkatkan kualitas karya tulis mahasiswa UPH. Sejak Oktober 2018, 50% lebih karya tulis mengalami penurunan dalam hal kesamaan dari 48% menjadi 5%.

“Turnitin telah mengubah cara interaksi mahasiswa dan dosen. Sinergi mereka berkembang sejak Universitas menggunakan Turnitin pada setiap tulisan mahasiswa, sehingga secara langsung mampu memperkuat proses pembelajaran,” ujar Stella.

PJJ, kata dia, merupakan kelas pendidikan jarak jauh yang menawarkan fleksibilitas waktu belajar bagi para mahasiswa dengan basis pembelajaran online. Kebanyakan masyarakat memiliki stigma negatif tentang modus pembelajaran daring, dengan menganggap bahwa belajar secara online tidak terjamin kualitas dan integritasnya.

“Oleh karena itu, PJJ UPH memiliki inisiatif untuk melakukan kontrol kualitas dengan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh hasil pembelajaran, termasuk forum diskusi, tugas dan ujian mahasiswa. Salah satu software yang dapat mendukung ini semua adalah Turnitin,” tambah Stella.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN